Pendidikan Sejarah dan Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar, Makassar

Muhammad Sugiarto(1*),

(1) Pendidikan Sejarah dan Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar, Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v2i3.23776

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui nilai pelaksanaan dari tradisi pesta adat gantarangkeke bagi masyarakat Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng (2) untuk mengetahui faktor pendorong masyarakat masi mempertahankan Tradisi Pesta Adat Gantarangkeke bagi masyarakat Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng (3) untuk mengetahui bagaimana eksistensi tradisi pesta adat gantarangkeke Bagi masyarakat Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tradisi pesta adat gantarangkeke memiliki nilai positif mulai dari kemunculan tradisi tersebut sampai dengan pelaksanaanya yang sampai sekarang masih dipertahankan dan nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi Pesta Adat Gantarangkeke antara lain mencakup nilai agama, sosial budaya, dan nilai ekonomi, nilai estetika. (2) Faktor yang menyebabkan masyarakat tetap melaksanakan tradisi pesta adat gantarangkeke karena mereka ingin melestarikan warisan dari nenek moyang mereka. Disini masyarakat masih memegang teguh apa yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka dan disamping itu karena tradisi ini merupakan budaya kuno dan masyarakat memegang kepercayaan tentang tradisi tresebut. (3) Eksistensi tradisi pesta adat gantarangkeke dapat dilihat dari keberadaan tradisi ini yang masih dipertahankan dan dijalankan oleh masyarkat khususnya masyarakat di Kecamatan Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Seiring perkembangan zaman tradisi ini keberadaanya masih sangat popular dikalangan masyarakat Gantarangkeke khusunya masyarakat di Kecamatan Gantarangkeke, nilai- nilai yang terkandung dalam tradisi ini menjadikan pesta adat gantarangkeke masih tetap dilaksanakan sampai sekarang oleh masyarakat, dan juga pelestarian tradisi ini masih dijaga oleh masyarakat sehingga tradisi ini tetap ada hingga saat ini

Keywords


tradisi; pesta adat; gantarangkeke

Full Text:

PDF

References


Basrowi, M.S. 2005. Pengantar Sosiologi. Depok. Prenada Media Group.

Ghony Djuanidi, Almasyur Fauzan. 2012. Metodologi peneliian Kualitatif. Malang. Ar-Ruzz Media

Huda, Nurul. 2016. Makna Tradisi Sedekah Bumi dan Laut . Skripsi. Fakultas Ushuluddin dan Humaniora. Universitas Negeri Islma Walisongo: Semarang.

Koentjaraningrat. 2005. Pengantar Antropologi. Jakarta. Reneka Cipta

Mahmud,irfan, Duli Akin, Nur Muhammad. 2007. Bantaeng Masa Prasejarah Kemasa Islam.

Makassar. Masagena pers.

Puspandari, Gita. 2012. Nilai-Nilai Pendidikan Yang Terkandung Dalam Kesenian Monerek Di Desa Gentawangi Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Rini, Eka Setyo. 2015. Perubahan Upacara Adat Perkawinan Pada Masyarakat Sunda Di Pekon Way Gelang Kecamatan Kota Agung Barat Kabupaten Tanggamus Tahun 2015. Skirpsi.

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Setiadi , M Elly, Hakam Kama, Efendi Ridwan. 2006. Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jakarta.

Prenada Media Group.

Soekanto, Soejono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. Rjawali Pers

Sugiono, 2017. Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta Syani Abdul. 2002. Sosiologi Skematika, Teori Dan Terapan . Jakarta. Pt Bumi Aksara. Sztompka, Piotr. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta. Prenada Media Group.

Tashadi. 1992. Upacara Tradisional Saparan. Yogyakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Vansina, Jan. 2014. Tradisi Lisan Sebagai Sejarah. Yogyakarta. Penerbit Ombak. Warsito, H.R .2012. Antropologi Budaya. Jakarta. Penerbit Ombak


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: