Strategi Coping Dalam Bidang Akademik Mahasiswa Yang Bekerja Dan Berorganisasi Di Universitas Negeri Makassar

Sulyanti Sulyanti(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v2i2.23645

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui startegi coping dalam bidang akademik mahasiswa yang bekerja sambil berorganisasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi coping mahasiswa yang bekerja dan berorganisasi di Universitas Negeri Makassar. Metode penilitian yang digunakan adalah metode kuantitaif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan strategi coping dalam bidang akademik mahasiswa yang bekerja sambil berorganisasi di Universitas Negeri Makassar berada pada kategori tinggi yang berarti baik untuk mempertahankan atau meningkatkan nilai akademik. Strategi coping dalam bidang akademik mahasiswa yang bekerja dan berorganisasi yang tergolong baik dapat dibuktikan melalui dua indikator yang berada pada kategori tinggi yaitu strategi coping yang berfokus pada masalah terdapat pada indikator perenacanaan dan strategi coping yang berfokus pada emosi terdapat pada indikator reframing postif. Faktor personal atau perbedaan individu paling dominan mempengaruhi strategi coping  dalam bidang akademik mahasiswa yang bekerja sambil berorganisasi di Universitas Negeri Makassar berada pada kategori tinggi diantara dua indikator lainnya yaitu faktor karakteristik situsional dan faktor lingkungan. Hal tersebut menunjukkan bahwa startegi coping mahasiswa yang bekerja sambil berorganisasi tergolong tinggi yang berarti baik sehingga perlu di pertahankan atau dikembangkan lagi menjadi lebih baik.

 


Keywords


Strategi, Coping, Mahasiswa

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dewi, K. S. 2012. Buku Ajara Kesehatan Mental. Semarang: Penerbit UPT UNDIP Press Semarang. Hal. 111

Djuwita, Efriyani. 2003. Memilih dan Mencari Kerja sesuai dengan Bakat & Kepribadian. Jakarta: Kawan Pustaka. Hal. 5

Hasibuan, Malayu S. P. 2001. Organisasi dan Motivasi. Jakarta. PT Bumi Aksara. Hal. 22

Mandra, Muhammad S. 2008. Kelompok Oragnisasi dan Kepemimpinan. Makassar. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Sentoso, Gempur. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka. Hal. 29

Siswanto. 2017. Kesehatan Mental Konsep, Cakupan dan Perkembangan. Yogyakarta: C.V Andi Offset. Hal. 60

Sudijono. 2014 . Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta; Raja grapindo. Hal 129

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Hal. 286

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta. Hal. 273-274

Usman, Husaini., Purnomo Setiady Akbar. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta. PT Bumi Aksara

Winardi. 2003. Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hal. 1

Caesaria, K. Y, dkk. 2013. Kuliah Versus Organisasi Studi Kasus Mengenai Strategi Belajar pada Mahasiswa yang Aktif dalam Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Undip. 12(2). 165-175.

Mardelina, Elma., & Ali, Muhson. 2017. Mahasiswa Bekerja dan Dampaknya terhadap pada Aktivitas Belajar dan Prestasi Akademik. Jurnal Economia: 13(2). 201-209

TL, Dian, I. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik: Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya. 18(1). 39-48

Anjarsari, Theodora, G. S. 2017. Factor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akdemik pada Siswa Fatheless yang Berprestasi. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. (Skripsi)

Jayusman, R. A. 2018. Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Coping Stres pada Mahasiswa Perantau di Yogyakarta. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. (Skripsi)

Mashadi, Ircham. 2015. Problematika dan Solusi Mahasiswa yang Bekerja bagi Keberlangsungan Belajarnya (Studi pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang). Semarang. Universitas Islman Walisongo Semarang. (Skripsi)

Nisrina, G. E. 2016. Perbedaan Strategi Coping stress pada Mahasiswa Organisasi dan Non Organisasi di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang: Universita Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Skripsi)

Pratiwi, Siska, S. 2016. Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. (Skripsi)

Sushena, Anak A..A.A. 2017. Problem Solving pada Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Skripsi)

Syifah, M. I. 2017. Pengaruh Keaktifan Mahasiswa dalam Organisasi Intra Kampus terhadap Pelaksanaan Tata Tertib Kampus dan Prestasi Akademik. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (Skripsi)

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Repubik Indonesia N0. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negera RI Tahun 2003, No. 20. Sekretariat Negara. Jakarta.

Napitupulu, Ester L. 2012. Sistem Pendidikan Perlu Diubah. https://edukasi.kompas.com/read/2012/11/19/17451519/Sistem.Pendidikan.Perlu.Diubah. Publikasi 19 November 2012.

Yulianti, Putri. 2014. Tri Dharma Perguruan Tinggi. https://edukasi.kompas.com/read/2012/11/19/17451519/Sistem.Pendidikan.Perlu.Diubah. Publikasi 28 Februari 2014


Article Metrics

Abstract view : 470 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: