Peran BMT Al-Mukminin terhadap Pelayanan Masyarakat Di Pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng

Indah Andira Putri(1*), Herman Herman(2), Muh Said(3),

(1) Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v2i1.19730

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran peran BMT Al-Mukminin di pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng (2) Untuk mengetahui gambaran pelayanan BMT Al-Mukminin terhadap masyarakat di pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng (3) Untuk mengetahui hubungan antara peran BMT Al-Mukminin dengan pelayanan BMT Al-Mukminin terhadap masyarakat di pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survey dengan populasi berjumlah 289 orang, dan sampel berjumlah 74 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) gambaran peran BMT Al-Mukminin di pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng berada pada kategori “beperan”, hal ini dilihat dari semua indikator yang berada dalam kategori sangat baik, (2) gambaran pelayanan BMT Al-Mukminin terhadap masyarakat di pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng berada pada kategori “sangat baik”, hal ini dilihat dari semua indicator yang berada dalam kategori sangat baik, (3) dari hasil penelitian terdapat hubungan positif antara peran BMT Al-Mukminin terhadap pelayanan masyarakat di pasar Cabbenge Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng yang berada dalam kategori “cukup kuat”.


Keywords


BMT Al-Mukminin; Pelayanan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Amalia, Euis. 2009. Keadilan Distibutif Dalam Ekonomi Islam: Penguatan Peran LKM dan UKM di Indonesia. Cetakan ke-1. JAKARTA: PT Raja Grafindo Persada. Hal. 242

Ardi Perdana S. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Krembung. Skripsi. Hal.3

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya.Cetakan ke-1. Jakarta: KENCANA, hal. 141

Huda, Nurul. dkk. 2012. Keuangan Publik Islam:Pendekatan Teoritis dan Sejarah. Cetakan ke-1. Jakarta: KENCANA, hal. 286

Idri, H. 2015. Hadis Ekonomi: Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi. Cetakan ke-1. Jakarta: KENCANA, hal. 261

Kamil, Sukron. 2016. Ekonomi Islam, Kelembagaan, dan Konteks Keindonesiaan: Dari Politik Mako Ekonomi Hingga ealisasi Mikro. Cetakan ke-1. Jakata: PT Raja Grafindo Persada, hal. 201

Manan, Abdul. 2012. Hukum Ekonomi Syariah: Dalam Perspektif Kewenangan Peradilan Agama. Cetakan ke-1. Jakarta: KENCANA, hal. 353-354

Maxmonroe.“Pengertian Peran:Arti, Konsep, Struktur, dan Jenis Peran”. 2019.

https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-peran.html

Nurul Huda dan Mohamad Heykal. 2010. Lembaga Keuangan Islam: Tinjauan Teoritis dan Prraktis.Cetakan ke-1. Jakarta: KENCANA, hal. 363-365

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah.Cetakan ke-7. Jakarta: KENCANA, hal. 47-48

Prastiawati. 2018. “Peran Pembiayaan Baitul Maal Wat Tamwil Terhadap Perkembangan Usaha dan Peningkatan Kesejahteraan Anggotanya dari Sektor Mikro Pedagang Pasar Tradisional”, Journal of Accounting And Invesment Vol.17 No.2, hal. 197-198

Rully Indrawan dan Poppy Yaniawati. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Cetakan ke-2. Bandung: Refika Aditama, hal. 231

Sitti Rahma Guruddin, 2014. Peran Bmt Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil. Skripsi, Hal 2-3

Subagyo, Ahmad. 2014. Manajemen Koperasi Simpan Pinjam. Jilid 1. Jakarta. Mitra Wacana Media.Hal.2

Tawi, Mirzal. “Pengukuran Sikap: Skala Likert”. 01 Juni 2013. http://syehaceh.wordpress.com/2013/06/01/pengukuan-sik


Article Metrics

Abstract view : 215 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: