Pengaruh Pencak Silat terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Sma Negeri 1 Sidrap Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap

Mustakim Mustakim(1*), Syarifah Balkis(2), Muh Said(3),

(1) Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v2i1.19729

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuj mengetahui: 1) Gambaran Pencak Silat di SMA Negeri 1 Sidrap Kabupaten Sidrap, 2) gambaran Pendidikan Karakter siswa di SMA Negeri 1 Sidrap Kabupaten Sidrap, 3) Pengaruh Pencak Silat Terhadap Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Sidrap Kabupaten Sidrap. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari Pencak Silat (Variabel X) dan Pendidikan Karakter Siswa (Variabel Y). Populasi penelitian ini adalah Siswa SMA Negeri 1 Sidrap Kabupaten Sidrap yang berjumlah 408 orang dan ditarik sampel sebanyak 100 orang yang mengikuti pencak silat. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa, 1) gambaran Pencak Silat berada dalam kategori “baik”, dilihat dari persentase sitiap indikator yang digunakan dalam penelitian menunjukan kategori baik, dimulai dari Aspek Mental Spritual dimana siawa yang mengikuti kegiatan pencak silat memperlihatkan sikap serta tingka laku yang baik di kessehariannya di dalam ruang lingkup sekolah, Aspek seni budaya pun demikian dimana siswa memperlihatkan sisi lain dari pencak silat yang bukan hanya keras melainkan ada nilai seni budaya yang terkandung di dalamnya, 2) gambaran Pendidikan Karakter Siswa berada pada kategori “cukup baik” dan indikator variabel pendidikan karakter siswa yang memiliki persentase yang paling besar adalah indikator jujur, peduli, 3) Ada pengaruh yang tergolong dalam kategori “sangat kuat” antara pencak silat terhadap pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Sidrap Kabupaten Sidrap

Keywords


Silat; Pendidikan; Karakter

Full Text:

PDF

References


Burhan Bungin. 2005. Metode Penelitian. Cet-1. Jakarta: Kenjana.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.(Online).Diakses 8 Februari 2020.

Kriswanto Erwin Setyo. 2015. Pencak silat. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Labbiri. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal. Makassar: Cipta Media.

Muslich Masnur. 2013. Pendidikan Kerakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Sani Ridwan Abdullah. 2016. Pendiidkan Karakter. Jakarta; Bumi Aksara.

Saptono. 2011. dimensi-dimensi pendidikan karakter. Jakarta:dimensi-dimensi pendidikan karakter. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suhartono. 2011. Materi peljaran Pencak silat Nusantara Program Beladiri Praktis. Jakarta: Keluarga Besar Pencak silat Nusantara.

Syofian Siregar. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan.Perhitungan Manual & SPSS.Cetakan ke-1. Jakarta: Prenadamedia Group.

Torro, supriadi.dkk. 2013. kelompok Strategis dalam Masyarakat. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

UU No. 20 tahum 2003 tentang pendidikan.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencan


Article Metrics

Abstract view : 183 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: