Pengaruh Sistem Sekolah Alam Terhadap Pengembangan Karakter Sosial Siswa Di Pesantren Alam Indonesia

Asmaul Husnah Amiruddin(1*), Herman Herman(2), Dalilul Falihin(3),

(1) Pendidikan Sejarah dan IPS, Fakultas Ilmu Sosial
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v2i1.19718

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran sistem sekolah alam di Pesantren Alam Indonesia, 2) gambaran pengembangan karakter sosial siswa di Pesantren, dan 3) pengaruh sistem sekolah alam terhadap pengembangan karakter sosial siswa di Pesantren Alam Indonesia Desa Harapan Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel Penelitan terdiri dari Sistem Sekolah Alam (Variabel X) dan Karakter Sosial Siswa (Variabel Y). Populasi Penelitian adalah seluruh siswa di Pesantren Alam Indonesia berjumlah 31 orang dan ditarik menjadi sampel secara keseluruhan. Teknik analisi data yang dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil penelitian diketahui bahawa sistem sekolah alam di Pesantren Alam Indonesia Desa Harapan Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru berada dalam kategor “Sangat Baik” berdasarkan indikator konsep akhlak, konsep kognitif, konsep kepemimpinan, dan konsep kewirausahaan. Kemudian karakter sosial siswa juga kategori “Sangat Baik” berdasarkan indikator jujur, disiplin, demokratis, bersahabat/kognitif dan toleransi. Hal ini karena pengaruh sistem sekolah alam terhadap pengembangan karakter sosial siswa pada kategori “Kuat”

Keywords


Sekolah Alam; Karakter; Siswa

Full Text:

PDF

References


Alisuf Sabri. 2005. Pengantar Ilmu Pendidikan Cet. I. Jakarta: UIN Jakarta Press

Burhan Bungin. 2005. Metode Penelitian. Cet-1. Jakarta: Kenjana

Dalmeri. 2014. Pendidikan untuk pengembangan karakter. Al-Ulum vol. 14 No. 1

Daryanto Darmiatun. 2013. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia

Elin Asrofah Qibtiah, dkk. 2018. “Manajemen sekolah alam dalam pengembangan karakter pada jenjang sekolah dasar di school of universe”. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 6, No. 2

Heru Kurniwan. 2016. Sekolah Kreatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

H.A.S Moenir. 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia Cet. 10. Jakarta: Bumi Aksara

Layyinatus Sifa. 2015. Skripsi Implementasi Karakter Bersahabat dan Peduli Sosial Pada Siswa SMP. Surakarta: Universitas Muhammadiah Surakarta

Luqmanul Hakim, dkk. 2016. “Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah Alam.” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan Volume 1 Nomor 1 November 20116

Mohamad Mustari. 2017. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Depok: Rajawali Pers

Moh.Yamin. 2017. Menggugat Pendidikan Indonesia: Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantara. Jogjakata: Ar-Ruzz Media

Noviana Ayu Puspitasari. 2014. Skripsi Implementasi Pembiasaan Perilaku Jujur. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Rachmawati & Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta : Kencana

Samani & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Septriana. Lendonovo. 2009: Sebuah Novel Tentang Dia. Penggagas Sekolah Alam. Bogor: SoU Publisher

Subur. 2015. Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah. Yogyakarta: Kalimedia

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuanitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sri Narwanti. 2014. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia

Sutarjo Adisusilo. 2017. Pendidikan Karakter. Jakarta: Rajawali Pers

Syamsul Arifin. 2009. Tesis: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Integratif di SMA Islam Al-Izhar Pondok Labu. Jakarta: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayattullah

Syamsul Kurniawan. 2017. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Dan Masyarakat. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Tetep. 2017. Menggali Nilai-Nilai Karakter Sosial Dalam Meneguhkan Kembali Jati Diri Ke-Bhineka-An Bangsa Indonesia

Thomas Lickona.2013. Educating for Character: Mendidik untk Membentuk Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani. Jakarta: Bumi Aksara

Tri Endang Sumiryasih. 2015. Skripsi Konsep Sekolah Alam IT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Bagian Penjelasan Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Kemendikbud

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kenca


Article Metrics

Abstract view : 466 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: