KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PEDAGAGNG PAKAIAN DI PASAR LIPPUJANGE KECAMATAN BENGO KABUPATEN BONE

Ikhzan Nur(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v1i2.13962

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui kehidupan sosial ekonomi menjadi pedagang pakaian di Pasar Lippujange Kecamatan Bengo Kabupaten Bone, (2) untuk mengetahui faktor-yang mempengaruhi mereka menjadi pedagang pakaian di Pasar Lippujange Kecamatan Bengo Kebupaten Bone, sehingga peneliti ikut berpartisipasi di lapangan dan melakukan observasi dan pengamatan serta mengkumpulkan data secara detail untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di Pasar Lippujange Kecamatan Bengo Kabupaten Bone.

Hasil penelitian dapat diketahui bahwa : (1) Kehidupan sosial ekonomi pedagang pakaian di pasar Lippujange Kecamatan Bengo Kabupaten Bone menjalin hubungan yang baik dalam kehidupan sosial ekonomi yang berdasarkan dari Adanya kehidupan bersama pedagang pakaian yang saling berinteraksi serta hubungan para pedagang yang baik bersama dengan konsumennya, manusia yang saling bergaul yakni interaksi yang baik dilakukan antara pedagang, pengelola pasar dan juga para konsumen, adanya kesadaran sesama pedagang dengan memiliki rasa kesatuan baik dan suatu sistem kehidupan bersama pedagang di pasar Lippujange menjaga hubungan agar tak berdampak merugikan bagi dagangan pakaian mereka maupun pengelola pasar. (2) Faktor yang mempengaruhi pedagang pakaian di pasar Lippujange Kecamatan Bengo Kebupaten Bone masih berada dalam taraf sosial ekonomi yang sederhana. Dapat dilihat dari pendapatan, pedagang pakaian telah tercukupi kebutuhannya, dari segi kesehatan pengelola pasar bertanggung jawab dalam kebersihan pasar, pendidikan rata-rata para pedagang hanya mencapai jenjang SMA dan SMP saja namun pendidikan sangat penting bagi mereka untuk meningkatkan taraf hidupnya dan kondisi perumahan (pasar) para pedagang selalu memastikan kondisi pasar yang baik agar layak bagi pembeli.


Keywords


pedagang pakaian, pasar, sosial ekonomi

References


Maslow, A. 1994. Motivasi dan Kepribadian. Jakarta: PT. Pustaka Biman Pressindo.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung:Remaja Rosdakarya.

Nahdliyul Izza. 2010. “Pengaruh Pasar Modern Terhadap Pedagang Pasar Tradisional (Studi Pengaruh Ambarukmol Paza Terhadap Perekonomian pedagang Pasar Desa Caturtunggal Nologaten Depok Sleman Yogyakarta)”. Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Konsentrasi Pengembangan Masyarakat, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nur Isnaini. 2009. “Sosial Ekonomi Masyarakat Pedagang Waduk GajahMungkur(Study kasus tentang kehidupan sosial ekonomi pedagang sektor informal di kawasan wisata waduk gajah mungkur wonogiri)”.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Prawiro, Ruslan H. 1982. Ekonomi Sumber Daya. Yogyakarta: Gajah MadaUniversity Press

Reksoprayitno, Soediyono. 2017. Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Edisi Ke-6.Yogyakarta: BPFE.

Ritzer, George. 2004. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada. Edisi Ke-7

Soeleman, M. 2015. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rafika Aditama.

Soekanto, Soerjono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar Edisi Revisi. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Suharto Edi. 1984. Kemisskinan& Perlindungan Social Di Indonesia (Menggagas Model Jaminan Social Universal Bidang Kesehatan). Jakarta: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta

Sumaatmadja, N. 2001. Manusia dalam Konteks Sosial Budaya dan LingkunganHidup. Bandung: Alfabeta

Suparmoko M. 2015. Keuangan Negara (Dalam Teori Dan Praktik).Yogyakarta: BPFE.

Suharso, dkk. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Lux. Semarang:Widya Karya


Article Metrics

Abstract view : 114 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: