SIKAP MAHASISWA TERHADAP BERITA PALSU (HOAX) DI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Muhammad Reski(1*), Hasni Hasni(2), Dalilul Falihin(3),

(1) Pendidikan IPS FIS UNM
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v1i2.13753

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui sikap mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial terhadap hoax di media Sosial. 2) Untuk mengetahui dampak penyebaran hoax terhadap mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial terhadap di Media Sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang terdiri dari dua variabel yaitu sikap mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial terhadap hoax di media sosial dan dampak penyebaran hoax di media sosial terhadap mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Informan penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Dengan melakukan metode wawancara mendalam.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Sikap mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial terhadap hoax di media sosial dilihat dari indikator Kognitif/Pengetahuan sangat berpengaruh. 2) Dampak penyebaran hoax di media sosial terhadap mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dilihat dari indikator tersitanya waktu dan fakta tidak lagi dipercaya sangat berpengaruh.


Keywords


sikap: mahasiswa; hoax

Full Text:

PDF

References


Afrilla, S., Rumba, T., Syaiful, R. 2018. Pandangan Al-Qur’an Terhadap Realitas Hoax. Dosen tetap STAI Al- Hidayah Bogor, Prodi IAT.

Aini, F., Rahmat S., & M. Comn. 2018. Kesadaran Kritis Mahasiswa Aceh Terhadap Informasi Hoax (Studi Deskriptif Kualitatif Literasi Media Tentang Kesadaran Kritis Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Ar-Raniry Terhadap Informasi Hoax di Media Sosial Facebook. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah.

Azwar, Saifuddin. 2010. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Baron, R. A., & Donn, B. 2004. Psikologi Sosial Jilid 1 Edisi 10. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dewi, E. M. P. 2016. Penelitian Kualitatif. Diktat. Makassar: Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Gunawan, Budi dan Ratmono. 2018. Kebohongan di Dunia Maya: Memahami Teori dan Praktik-praktiknya di Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial : Prosedur, Tren dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Anonym. diakses 28/8/2019. https://www.brilio.net. hoax dan ujaran kebencian jadi bisnis ini 5 dampak paling mengerikan.

Humas Kementerian Perdagangan RI. 2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdangan RI. Jakarta: Pusat Hubungan Masyarakarat.

Idris, A, 2018. Klarifikasi Al-quran atas Berita Hoax. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Justicia, Tim Viva. 2016. Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Yogyakarta: Genesis Learning

Kuswarno, E. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian. Bandung: Widia Padjajaran

Notoatmodjo, S. 2010. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rahadi, Dedi R, 2017. Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan I.5.

Rahmat, Pupu. Saeful. 2009. Penelitian Kualitatif. Journal of Equilibirium. 9. 5.

Sarwono, S. W. 2011. Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sarwono, S. W. 2014. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Stewart, Charles J., William B. Cash, Jr. 2012. Interviu, Prinsip dan Praktik. Cetakan ke-13. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Cetakan ke-23. Bandung: Alfabeta.

Tamburaka, A. 2013. Literasi Media Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik Sebagaimana Diubah Oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

Walgito, Bimo. 1978. Psikilogi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: ANDI


Article Metrics

Abstract view : 2791 times | PDF view : 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: