PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA PADA BUDAYA MASYARAKAT (STUDI KASUS MAHASISWA PASCA KKN)

Fitriah Fitriah(1*),

(1) Pendidikan IPS, FIS UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v1i2.13740

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penyesuaian diri mahasiswa pada budaya masyarakat, 2) Kendala yang dihadapi mahasiswa dalam proses penyesuaian diri dengan budaya masyarakat. Metode penilitian yang digunakan adalah metode kulitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan 1) Penyesuaian diri mahasiswa pada budaya masyarakat tergolong tidak baik dalam melakukan penyesuaian diri. Penyesuaian diri mahasiswa pada budaya masyarakat yang tergolong tidak baik dibuktikan melalui lima indikator yang terdiri dari dua dimensi. Dari kelima indikator tersebut, hanya dua diantaranya yang mampu dipenuhi oleh mahasiswa selama melaksanakan proses kuliah kerja nyata. 2) Kendala penyesuaian diri mahasiswa dalam proses penyesuaian diri dengan budaya masyarakat juga tidak baik. Dalam hal ini, mahasiswa dalam mengatasi kendala penyeusaian diri tidak dapat mengatasi semua kendala-kendala yang ada dalam penyesuaian diri pada budaya masyarakat terbukti dengan empat indikator dari kendala penyesuaian diri hanya satu yang dapat diatasi oleh mahasiswa.


Keywords


penyesuaian diri; mahasiswa KKN

Full Text:

PDF

References


Ananda, Happy Fibi. 2014. Optimalisasi Peran Fungsi Mahasiswa Sebagai Agent Of Change Dan Social Control Dalam Permasalahan Ketahanan Pangan ASEAN 2015. Jurnal Ketahanan Pangan.

Anasari, Fitri dkk. 2015. Sistem Pelaporan Terpadu Kuliah Kerja Nyata Berbasis Digital (Studi kasus: Lembaga pengabdian kepada masyarakat Universitas Mulawarman. Jurnal Informatika Mulawarman. 10 (1). 11-19

Arifin, Achmad Samsul. 2013. Studi kasus dampak penjurusan pilihan orang tua terhadap penyesuaian diri peserta didik SMAN 1 Kediri. Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim. (Thesis)

Ariyani, N.I. dan Nurcahyono, O.H. 2014. Digitalisasi Pasar Tradisional: Perspektif teori perubahan sosial. Jurnal Analisa Sosiologi. 3 (1), 1-12

Asterina, Dwi Ayu. 2012. Hubungan tipe kepribadian dengan perilaku asertif mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim (Thesis).

Asterina, Dwi Ayu. 2012. Hubungan tipe kepribadian dengan perilaku asertif mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim (Thesis).

Basrowi. 2014. Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia. Hal.70

Fandatiar, Galuh, et al. 2015. Rancang Bangun Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pada Universitas Muria Kudus. Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer. 6 (1). 129-136

Fatimah, S. 2013. Hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan gaya hidup hedonis pada mahasiswa di Surakarta. Semarang: UMS (Thesis).

Jaenuddin, Ujam. 2012. Psikologi Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia

Kusniyati, Harni dkk. 2016. Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika. 9 (1). 9-18.

Kumalasari, F., dan Ahyani, L.N. 2012. Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal Psikologi: Pitutur. 1 (1), 19-28

Lestari, Brilyani Diva. 2017. Penyesuaian Diri Mahasiswa Pendatang Pada Lingkungan Baru.Yogyakarta. Universitas Mercu Buana. (Thesis)

Marliany, Rosleny. 2010. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Masyhuri dan Zainuddin, M. 2011. Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis dan Aplikatif). Bandung: PT. Refika Aditama.

Mulyadi dkk.2015. Buku Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Makassar.

Nurfitriana, Pipit 2016 Penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama di fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jawa Tengah: Universitas Muhammadiyah Surakarta (Skripsi)

Rahmi, Siti. 2015. Pengaruh pendekatan perilaku kognitif terhadap tingkat penyesuaian diri siswa di kelas VII SMP Negeri 29 Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. 1 (1), 28-38

Ranjabar, Jacobus. 2015. Perubahan Sosial, teori-teori dan proses perubahan sosial serta teori pembangunan. Bandung: Alfabeta.

Rodliyah, St. 2013. Partisipasi Masyarakat dalam Pengambilan Keputusan dan Perencanaaan Di Sekolah. Jember: STAIN Jember Press

Sary, Kezia Arum.dkk. 2018. Proses Adaptasi Mahasiswa Perantau dalam Menghadapi Gegar Budaya (kasus adaptasi mahasiswa perantauan di Universitas Mulawarman Samarinda). Jurnal ilmu komunikasi.6 (3). 212-225

Santoso, Gempur. 2005. Metodologi Penelitian (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Soekmono.2005.Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia. Yogyakarta: PT. Kanisius. Hal.9

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, L.N.S dan Sugandhi, N.M. 2016. Perkembangan Peserta Didik. Depok: Rajawali Press


Article Metrics

Abstract view : 891 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: