PENGARUH SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 WATANSOPPENG KABUPATEN SOPPENG

Dwi Putri Juliani(1*),

(1) Pendidikan IPS, FIS-UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.56680/slj.v1i1.12423

Abstract


Dwi Putri Juliani. 2019. Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Interaksi Sosial Siswa Di SMP Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng. Dibimbing oleh Dr. Herman, S.Pd., M.Si dan Dr. Muhammad Zulfadli, SH., M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran pelaksanaan sistem full day school di SMP Negeri 1 Watansoppeng 2) gambaran bagaimana bentuk interaksi sosial siswa di SMP Negeri 1 Watansoppeng 3) pengaruh antara sistem full day school terhadap perilaku interaksi sosial siswa di SMP Negeri 1 Watansoppeng. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari sistem full day school (Variabel X) dan Interaksi sosial siswa (Variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri 1 Watansoppeng berjumlah 565 siswa dan ditarik sampel sebanyak 84 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Gambaran pelaksanaan sistem full day school di SMP Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng berada dalam kategori “baik” berdasarkan indikator pembinaan prestasi akademik, pembinaan prestasi non-akademik, peningkatan kualitas mutu dan tenaga pengajar, membeikan teladan dalam melaksanakan school culture, terjalin kerjasama antara sekolah dan masyarakat. 2) Gambaran Interaksi sosial siswa di SMP Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng  berada pada kategori “baik” berdasarkan indikator Imitasi, sugesti, identifikasi, simpati, empati. 3) Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Interaksi Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng dalam kategori “kuat”.

Keywords


full day school; interaksi; siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abu. 1999. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah. 2015. Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Karwono. 2017. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers.

Ma’mur, Jamala. 2017. Full Day School Konsep Manajemen & Quality Control. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Nursa’ban, Muh. 2008. Mari Belajar IPS. Jakarta: JP BOOKS.

Saidah, 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Septiana, Rgella. Pengelolaan Pembelajaran Program Fullday School di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta.

Suryawati, Juju. 2001 Sosiologi SMA KELAS X. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-23 . Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI No 20 Tahun 2003 Bagian Penjelasan Tentang Pendidikan. 2003. Jakarta: Kemendikbud.

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi.


Article Metrics

Abstract view : 351 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Social Landscape Journal




              
 Office of Social Lanscape Journal: