PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS KKNI DAN BERWAWASAN KEBANGSAAN SEBAGAI PROGRAM DUKUNGAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI BIDANG PENDIDIKAN

Deny Setiawan(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Globalisasi yang tengah bergulir membawa sejumlah tuntutan yang perlu di respon oleh dunia pendidikan, tak terkecuali oleh perguruan tinggi yang menyelenggarakan pembelajaran untuk hidup dan kehidupan. Dalam rangka memenuhi tuntutan, yakni menghasilkan lulusan yang memiliki sejumlah kompetensi untuk dapat berdaya saing dalam kehidupan abad ke-21, diusulkan adanya upaya revitalisasi LPTK melalui implementasi kurikulum yang berorientasi KKNI dan berwawasan kebangsaan. Ouput dari pemberlakuan dari kurikulum ini, diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi personal, kompetensi sosial, dan kompetensi intelektual dengan karakter berwawasan kebangsaan. Nation and Character Building tetap dijadikan landasan revitalisasi untuk menghasilkan lulusan berwawasan kebangsaan dengan ciri memiliki: (1) pandangan politic of recognition; (2) prinsip human dignity; (3) sense of social consciousness; dan (4) rasa kebangsaan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 439 times | PDF view : 941 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.