PENDIDIKAN KELUARGA: Basis pendidikan pertama dan Utama dalam Membina Ketahanan Moral Anak Usia Dini

Suardi Suardi(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Ketahanan moral diartikan sebagai kerangka dasar untuk mempertahankan eksistensi keunggulan moral di tengah majemuknya nilai-nilai moral bangsa lain.Upaya membina ketahanan moral, sejatinya tidak hanya terbatas pada lembaga pendidikan yang bersifat formal, melainkan juga yang bersifat informal yaitu suatu lingkungan dimana anak menjalani kehidupan kesehariannya khususnya dalam lingkungan keluarga.Pendidikan keluarga sebagai basis pendidikan pertama, terpenting, dan terdekat yang bisa dinikmati oleh anak memiliki andil sangat strategis bagi penumbuhan dan pengembangan moral yang telah membenih di dalam diri anak sehingga dapat memiliki pertimbangan moral, dan pada akhirnya memungkinkannya mencapai ketahanan moral, dapat dioptimalisasikan melalui kerangka asih, asah, dan asuh yang mengakar pada tiga potensi yakni rasa, cipta, dan karsa.  Selain itu, yang juga perlu dioptimalkan pelaksanaannya adalah mendidik anak di keluarga sebagai proses memanusiakan manusia supaya anak tumbuh dan berkembang layaknya “nature” manusia itu sendiri, melalui penanaman benih-benih kemuliaan dan keimanan khususnya pada masa-masa awal pertumbuhan dan perkembangan anak di rumah.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 385 times | PDF view : 2461 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.