HUBUNGAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN BUDI PEKERTI SISWA DI SMP NEGERI 2 GALESONG KABUPATEN TAKALAR

Syamsul Sunusi(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan “apakah terdapat hubungan pendidikan karakter dengan budi pekerti Siswa SMP Negeri 2 Galesong Kabupaten Takalar”. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan karakter dengan budi pekerti Siswa di SMP Negeri 2 Galesong Kabupaten Takalar. Untuk itu, hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi: (1) Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar, kiranya memperhatikan pendidikan karakter siswa melalui program-program yang melibatkan pihak sekolah, guru dan orang tua siswa, (2) Kepala Sekolah dan guru SMP Negeri 2 Galesong Kabupaten Takalar, kiranya menanamkan pembelajaran karakter di lingkungan sekolah dan setiap materi pelajaran yang diajarkan, dan (3) Siswa SMP Negeri 2 Galesong Kabupaten Takalar, kiranya dapat menghayati dan mengamalkan pendidikan karakter yang dipelajari dan diimplementasikan melalui budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian verifikatif yang bersifat korelasional, artinya data dan fakta yang dikumpulkan dari lapangan tidak dimanipulasi, hanya untuk menguji kebenaran teori sekaligus untuk membuktikan kebenaran hipotesis, dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu; analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Dalam menganalisis data tersebut menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pendidikan Karakter tergolong dalam kategori cukup baik, ditinjau dari segi; (a) pengetahuan, (b) perasaaan, dan (c) tindakan. 2) Budi Pekerti tergolong dalam kategori baik, ditinjau dari segi; (a) Keberagamaan, (b) kemandirian, dan (c) kesusilaan. 3) Besarnya hubungan pendidikan karakter dengan budi pekerti siswa di SMP Negeri 2 Galesong Kabupaten Takalar sebesar 69,10 persen dengan tingkat hubungan adalah kuat.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 215 times | PDF view : 1182 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.