MENUMBUHKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MELALUI POLA PEMBIASAAN

Mustari Mustari(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Menumbuhan pendidikan karakter di sekolah, tidak semata-mata sebagai pembelajaran ilmu pengetahuan, tatapi lebih dari itu, yaitu menyemaikan moral, nilai-nilai etika, estetika, atau budi pekerti yang luhur pada diri peserta didik.

Sekolah sebagai tempat berlangsungnya pelaksanaan pembelajaran, sering terjadi perkelahian antar siswa baik secara perorangan maupun secara massal, perusakan terhadap sarana dan prasarana sekolah ketika tidak naik kelas, tidak menjadi pimpinan pada suatu perkumpulan di sekolah atau juga kalah dalam pertandingan/ perlombaan, baik antara kelas maupun antar sekolah, perilaku membolos, tidak masuk sekolah, dsb. dan kondisi tersebut merupakan pemandangan yang sangat merisaukan di lingkungan beberapa sekolah bahkan sampai pada perilaku yang membahayakan, seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Salah satu jalur untuk menumbuhkan pendidikan karakter atau budi pekerti peserta didik di sekolah adalah melalui  pola pembiasaan, dengan pembiasaan sikap dan perilaku positif  yang  melibatkan semua pihak disekolah  peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan, komite sekolah,  yang bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan yang baik dan membentuk generasi berkarakter positif, baik. Pembiasaan dalam bentuk kegiatan umum, harian, mingguan, bulanan, tengah tahunan, dan/atau tahunan.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1347 times | PDF view : 734 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.