IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER SEBAGAI BAGIAN REVOLUSI MENTAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS

Muhammad Masdar(1*), Harifuddin Halim(2), Rasyidah Zainuddin(3),

(1) STKIP Cokroaminoto Pinrang
(2) UPRI Makassar
(3) Universitas 45 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penulisan paper ini adalah mengungkapkan urgensi revolusi mental dalam kurikulum pendidikan IPS. Revolusi mental yang dimaksud adalah terwujudnya perilaku yang memiliki nilai karakter baik dan benar serta meliputi ranah penting manusia yaitu kognitif, afektif dan motorik sebagaimana yang dikehendaki dalam tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Paper ini didasarkan pada hasil penelitian tentang penerapan materi yang bermuatan ‘karakter’ di dalam kurikulum IPS di Prodi PPKn STKIP Cokroaminoto Pinrang. Dengan menggunakan pendekatan survei terhadap mahasiswa Angkatan Tahun 2013 dan Angkatan Tahun 2014 yang total berjumlah 64 orang sebagai responden. Kepada mereka dibagikan kuesioner berisi pertanyaan menyangkut ‘karakter’ dan hasilnya dianalisis menggunakan tabulasi frekuensi. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan beberapa hal berikut: (1) muatan materi tentang ‘karakter’ baik dan benar yang disajikan di dalam kelas sebagai bagian dari pembelajaran berpengaruh besar terhadap tekondisinya karakter mahasiswa ke arah yang baik dan benar. (2) penguatan karakter tersebut dapat ditempuh dengan cara; membuat laporan hasil observasi, yang semuanya didisikusikan bersama di dalam kelas kemudian direfleksikan.

Kata Kunci : Implementasi, nilai karakter, pembelajaran IPS, revolusi mental       


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 671 times | PDF view : 443 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.