KONTRIBUSI PEMBELAJARAN EKONOMI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Eko Wahjudi(1*), Ruri Nurul Aeni Wulandari(2), Yoyok Soesatyo(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Peningkatan kompetensi yang dimiliki peserta didik dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini tidak disertai dengan peningkatan karakter yang baik, hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan karakter-karakter individu khususnya peserta didik yang makin memprihatinkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pembelajaran ekonomi dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik. Hal ini dimaksudkan agar pendidikan karakter dapat ditempatkan sebagai suatu kekuatan yang secara teoritik mampu mempengaruhi perkembangan karakter peserta didik. Kontribusi yang dapat diberikan, bisa dilihat dari tujuan pembelajaran ekonomi yang salah satunya adalah bagaimana peserta didik dapat bertanggung jawab terhadap nilai-nilai sosial ekonomi yang majemuk dengan mengedepankan nilai-nilai untuk membangun karakter, serta mengaitkan pembangunan nilai-nilai karakter peserta didik yang dirangkum dari enam nilai etik utama yaitu; dapat dipercaya (trustworthy), seperti sifat jujur (honesty), serta integritas (integrity), memperlakukan orang lain dengan hormat (treats people with respect), bertanggung jawab (responsible), adil (fair), kasih sayang (caring), dan yang terakhir adalah menjadi warga negara yang baik (good citizen). Sehingga diharapkan nantinya akan mampu menciptakan kebiasaan-kebiasaan yang mampu meningkatkan kualitas diri atau kehidupan mereka kedepan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 179 times | PDF view : 380 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.