The Influence of Discussion Learning Methods on Student Learning Interests at SMKN 1 Watansoppeng
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pjoem.v2i1.46407
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
S. Saleh, “Desentralisasi Manajemen Pendidikan Dan Profesionalisme Manajer Pendidikan Kaitannya Dengan Peningkatan Mutu Pendidikan Di Daerah Oleh.”
S. Saleh, “Pencerdasan Moral-Emosional Melalui Sistem Pendidikan Terpadu (Suatu Upaya Pelaksanaan Revolusi Mental Menghadapi MEA 2015),” in Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-ilmu Sosial, 2016, vol. 1, no. 1, pp. 85–95.
I. W. C. Sujana, “Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia,” Adi Widya J. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 29–39, 2019.
S. H. Arhas, “Metode Pembelajaran Black Knight. Apa? Mengapa? dan Bagaimana?,” J. Ad’ministrare, vol. 5, no. 2, pp. 165–172, 2018.
A. A. Nurdin, R. Niswaty, and S. Saleh, “Minat Baca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar,” J. Off., vol. 1, no. 1, pp. 109–113, 2015.
A. Fauziah, A. Rosnaningsih, and S. Azhar, “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang,” J. JPSD (Jurnal Pendidik. Sekol. Dasar), vol. 4, no. 1, p. 47, 2017, doi: 10.26555/jpsd.v4i1.a9594.
A. Purwandira, R. Niswaty, and M. Darwis, “Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi di SMK Negeri 4 Pangkep,” Office, vol. 4, no. 1, pp. 19–24, 2018.
A. Arsyad, “Metode Pembelajaran,” Jakarta PT. Raja Graf. Persada, 2005.
D. N. Bunga, “Minat Mahasiswa Tentang Penerapan Metode Diskusi dalam Proses Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultasilmu Sosial Universitas Negeri Makassar,” J. Off., vol. 2, no. 2, pp. 181–188, 2016.
K. Kurniasih, M. Darwis, and A. A. Rifai, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Diskusi Pelajaran Produktif di SMKS Arrahman Depok Jawa Barat,” J. Pemikir. DAN Pengemb. PEMBELAJARAN, vol. 3, no. 3, pp. 86–94, 2021.
Sunaryo and D. Pratiwi, “Meningkatkan hasil belajar virus melalui pembelajaran kontekstual metode ceramah dan diskusi dengan taktik berkeliling menghampiri siswa pada siswa kelas X SMA Hang Tuah 4 Surabaya,” J. Biol. dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, 2020.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). 2019.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
S. Kurniawan, Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Slameto, “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya,” Jakarta; Rineka Cipta, 2010.
Article Metrics
Abstract view : 113 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.