Application of Cognitive Restructuring Techniques to Reduce Student Insecurity in Vocational High Schools

Nurmiati Nurmiati(1*), Muhammad Anas(2), Abdul Saman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


The problem in this research is the high level of insecurity among vocational school students Labuang Country.  The aims of this research are (1) to find out how description of insecurity among students at Labuang State Vocational School, (2) to find out description of the implementation of deep cognitive restructuring techniques reduce student insecurity at Labuang State Vocational School, (3) to find out application of cognitive restructuring techniques in reducing insecurity in vocational school students Labuang Country.  This research uses a quantitative approach with quasi experimental design model.  The research design used was pretest- posttest non equivalent control group design.  The population in this study is as many as 76 students.  The sample for this research was 16 students who were divided into: the experimental group and the control group, each numbering 8 student.  Sampling was taken using purposive sampling technique.

Keywords


cognitive restructuring; insecurity

Full Text:

PDF

References


Ady, D. 2021. Tidak Baik-Baik Saja. Jombang. Guepedia

Andika, Dkk. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jurnal Manajemen Tools. Vol 11(1). Hal 1689–1699.

Ekasari, Dkk. 2021. Efektivitas Konseling Kelompok Cbt Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Penyesuaian. Jurnal University Research Colloqium. Vol 1. Hal 194-198.

Elfiky, I. 2009. Terapi Berpikir Positif . PT. serambi ilmu semesta.

Futri, D, A. 2021. Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja SMA di Jorong Tabing Nagari Sungai Kamuyang. Skripsi. Batusangkar. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri.

Gaho, J. 2021. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lahusa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 1 (2). Hal 2775-3042.

Hakim, A.R. 2021. Insecure dalam Ilmu Psikologi di Tinjau dari Perspektif Al Qur'an. Skripsi. Pekanbaru. Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ireel 2018. Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Merekduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Siswa Kelas VII SMP N 22 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah BK. Vol 1. Hal 1-10.

Larasati, A. A. 2021. Konseling Individu dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Mengatasi Inferiority Feelings Pada Mahasiswa Psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi. Surabaya. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Latipun, 2010, Psikologi Eksperimen, Malang : UMM Press

Lestari, N. G. 2019. Efektivitas Konseling Kognitif Perilaku dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mengurangi Kecemasan Peserta Didik saat Presentasi di Mts Ismaria Alqur’aniyyah Bandar Lampung. Skripsi. Lampung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Makvana S. 2014. The International Journal of Indian Psychology. Navamuvada. Red shine publication.

Mardiana, Dkk. 2021. Fenomena Insecure pada Remaja di Era Pandemic Covid-19. Jurnal ilmu kesehatan. Vol 10 (2). Hal 21–29.

Mata D.M. 2020. Penerapan Teknik Cognitive Restructuring untuk Mengurangi Body Dissatisfaction pada Siswa SMK Negeri Labuang. Skripsi. Makassar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Meliana, D, Dkk. 2021. Perancangan Komik Digital tentang Insecurity pada Kehidupan Sosial Kepribadian Introvert bagi Remaja Usia 15-21 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna. Vol 2 (17). Hal 9.

Muhrin, N. D. 2021. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mencegah Kenakalan Remaja di SMPN 20 Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nanda Gita Lestari. 2019. Efektivitas Konseling Kognitif Perilaku dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mengurangi Kecemasan Peserta Didik saat Presentasi di MTS Ismaria Alqur’aniyyah Bandar Lampung Tahun 2018/2019. Sripsi. Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nita. 2021. Rancangan Program Pelayanan Konseling pada Masa Pandemi berbasis Model Pendekatan Konseling Self. jurnal. Vol. 19 (2). Hal 235-245.

Pandang, A & Muhammad Anas. 2019. Penelitian Eksperimen Dalam Bimbingan Konseling “Konsep Dasar & Aplikasinya Tahap Demi Tahap”. Makassar : Badan Penerbit UNM.

Pangestu, Dkk. 2021. Penggunaan Aplikasi Tiktok untuk Mempublikasikan Karya Mencintai Ketidaksempurnaan Diri melalui Kampanye Love Imperfections.

Probowati, Dkk. 2020. Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menurunkan Mogok Sekolah pada Siswa SMP. Journal of Guidance and Counseling. Vol 4(1). Hal 76–100.

Punusingon, Dkk. 2021. Analisis Semiotika Insecurity Dalam Tayangan Serial Drama True Beauty Di Tv Korea Selatan. Acta Diurna Komunikasi. Vol 3(4). Hal 1–8.

Purnamasari, A, I. 2021. Pengaruh Konseling Kognitif Perilaku dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif terhadap Penurunan Kecemasan Akademik pada Peserta Didik di Sman 1 Bandar Sribawono Lampung Timur. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1. Hal 207-222.

Putri T.I .2021. Hubungan berpikir positif dengan citra tubuh pada remaja di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Program Studi S1 Psikologi Fakultas Ekonomi Ilmu Social Dan Humaniora. Universitas. Aisyiyah Yogyakarta.

Sayekti, M. 2018. Berdamai dengan Diri Sendiri. Yogyakarta. Psikologi Corner.

Sitepu. 2019. Cognitive Restructuring untuk Menangani Pola Pikir Negatif Seorang Santriwati di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Skripsi. Surabaya. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Siregar, Syofian, 2016. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sleman, S. 2021. Analisis Dampak Pelatihan Peningkatan Kompetensi Layanan Konseling Analysis of the Impact of Training for Competency Improvement in Group Counseling Services for High School Counseling Teachers. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol 2. Hal 169–179.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R&D. ALFABETA CV.

Tohirin, M. P. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. PT Raja Grafindo Persada.

Widyaningsih, I. 2020. Eksperimentasi dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Mereduksi Kecemasan pada Peserta Didik melalui Pembelajaran dalam Jaringan pada Anak Kelas VIII MTS Muhammadiyahh Sukarame – Bandar Lampung. Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Intan Lampung


Article Metrics

Abstract view : 15 times | PDF view : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.