Stress Inoculation Training as an Effort to Reduce Academic Stress for Junior High School Students in Takalar Regency

Hasmawati Hasmawati(1*), Abdullah Pandang(2), Ahmad Harum(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


This research examines stress inoculation training in an effort to reduce the academic stress of class IX students at SMP Negeri 5 Takalar. The problems in this research are: 1). What is the description of the level of Academic Stress experienced by class IX students at SMP Negeri 5 Takalar. 2). How to implement stress inoculation training as an effort to reduce academic stress for Class IX students at SMP Negeri 5 Takalar. 3). Can Stress Inoculation Training Techniques Reduce the Academic Stress of Class IX Students at SMP Negeri 5 Takalar? This research approach is quantitative research with an experimental research type. The population in this study was class IX students of SMP Negeri 5 Takalar who were identified as experiencing academic stress problems as many as 62 students. The research sample was 20 students divided into two groups, the experimental group and the control group, each consisting of 10 students. Data collection techniques were carried out using the academic stress scale and observation.

Keywords


Academic stress and Stress Inoculation Training

Full Text:

PDF

References


Akhsan, M. A. R. M. 2022. Penerapan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa Di Sma Negeri 2 Pare-Pare. Skripsi. Universitas Negeri Makassar

Albana, J. M. 2007. Sulit Belajar (Langkah Praktis Mengatasi Stress akademik). Prestasi Pustaka Anak.

Andhini, N. F. 2017. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas Xi Di Man 3 Yogyakarta (Vol. 53, Issue 9).

Anisa, M. 2020. Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Mengurangi Stres Akademik Pada Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Al-Kautsar Bandar Lampung Tahun 2019/2020 Skripsi (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Ardelia, N., & Hartini, N. 2019. Efektivitas Stress inoculation training Untuk Menurunkan Stres Pada ODAPUS. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 1–15.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Arikunto, & Suharsimi. 2006. Prosedur Pendekatan Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ariyantika, Y. 2023. Hubungan Dukungan Sosial Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pelaksanaan Konseling Individu Terhadap Stres Akademik Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 7 Bandar Lampungtahun Pelajaran 2021/2022.

Ashadi, K., Mita Andriana, L., & Pramono, B. A. 2020. Pola aktivitas olahraga sebelum dan selama masa pandemi covid-19 pada mahasiswa fakultas olahraga dan fakultas non-olahraga. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(3), 713–728.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. 2017. Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.

Boenisch, Ed & Haney, C. M. 2005. The Stress Owner’s Manual: Menggapai Kesimbangan Hidup. Penerjemah : Joehana Oka. PT. Grasindo.

Corey, G. 2013. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy, ninth edition. Brooks/cole.

Creswell, J. W. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik Cetakan ke-5. Remaja Rosdakarya

Erford, B. T. 2016. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor Edisi Kedua. Pustaka Pelajar.

Erwan, E. 2020. Penerapan Teknik Stress inoculation training Untuk Mengatasi Kecemasan Berkomunikasi Di Depan Umum Pada Siswa Di Smp Negeri 20 Makassar. Educandum, 6(2), 201–210.

Fimian, Michael J. Cross, A. H. 1986. Stress and burnout among preadolescent and early adolescent gifted students: A preliminary investigation. The Journal of Early Adolescence, 6(3), 247–267.

Fitriani, M. 2021. Gambaran Stres Akademik Siswa SMP Saat Pembelajaran Daring (Online) di Kota Padang. Socio Humanus, 3(1), 76–85.

Hardiyanti, N. D. 2020. Penerapan Teknik Stress inoculation training untuk Mengurangi Stress Belajar siswa di SMA Negeri 22 Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Hidayah, M. 2019. Penerapan Teknik Self Instruction Dalam Mengurangi Tingkat Stres Akademik Siswa Di SMA Negeri 8 Model Bulukumba. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Hidayat, I. 2022. Penerapan Teknik Stress Inoculation Training (Sit) Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Di Smp Negeri 33 Makassar.

Indriani, T. 2021. Gambaran Stres Akademik Saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Siswa Di SMK Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2020/2021. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1) ISSN 2541-206X (online)

Irianto. 2014. Statistik Konsep Dasar, Aplikasi, Dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Lestari, E. P., & Yusufi, A. 2021. Tingkat Stres Akademik Selama Pandemi Covid-19 Siswa Sd Negeri Sridadi 04 Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Jurnal Tawadhu, 5(2), 128-142.

Majdi, M. Z. Z. 2019. Keefektifan Konseling Kelompok Cognitive Behaviour Therapy Teknik Self-Talk Dan Teknik Stres Inoculation Training Untuk Meningkatkan Eustres Siswa. Tesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Mustapha, Y. bin. 2018. Efektivitas Stress inoculation training ( Sit ) Terhadap Depresi Lansia Di Panti Tresna Werdha Hargo Dedali Surabaya.

Nurasia, M. 2020. Efektivitas Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kecemasan Korban Bullying di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Pandang & Anas. 2019. Penelitian Eksperimen dalam Bimbingan dan Konseling: Konsep Dasar & Aplikasinya Tahap Demi Tahap. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Probowati., & dkk. 2020. Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Menurunkan Mogok Sekolah Pada Siswa SMP. Pedagogik Jurnal Pendidikan. Volume 4, Issue 3, h. 76-100.

Putri, R. N., dkk. 2021. Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial, dan Gaya Belajar Visual terhadap Stres Akademik Siswa di Masa Pandemi. Psyche 165 Journal Vol. 14 No. 4 Hal: 329-335 p-ISSN: 2088-5326, e-ISSN: 2502-8766

Rahmadini, A., & Indrawati, E. 2019. Hubungan antara Trait Conscientiousness dan Konsep Diri dengan Stres Akademik Siswa IPA SMA X Tambun. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(3), 178–187.

Rambe, W. 2021. Stres Akademik Siswa Selama Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat Serta Implikasi Dalam Bimbingan Dan Konseling. PhD Thesis. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Ronald Smith, M. P. 2010. Psychology: The Science of Mind and Behavior. McGraw-Hill.

Selian, S. N., Hutagalung, F. D., & Rosli, N. A. 2020. Pengaruh stres akademik, daya tindak dan adaptasi sosial budaya terhadap kesejahteraan psikologi pelajar universiti. JuPiDi: Jurnal Kepimpinan Pendidikan, 7(2), 36-57.

Siregar. 2016. Statistik Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Srianturi, Y., & Diyahpalupi, E. P. 2023. Konseling Kelompok Inokulasi Stres untuk Mengurangi Kecemasan Akademik di Era Pandemi. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(1), 139-145.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, & Susanto, A. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. CV. Alfabeta.

Wardah, Rahmah, N. dan J. A. N. 2020. Identifikasi Tingkat Dan Penyebab Stres Akademik Siswa Smp Negeri Di Kota Banda Aceh. ETD Unsyiah, 5(September), 1–6.

Wardani, T. K. 2016. Menurunkan Stress Akademik Melalui Teknik Stress inoculation training Siswa Kelas XIC SMP Negeri 10 Salatiga. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Yusadri., & dkk. 2020. Efekivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Dalam Konseling Individual Untuk Mereduksi Perilaku Merokok. Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan. Volume 3, Issue 2, h. 56-66.


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.