Application of Role-Playing Techniques to Increase Self Awareness in Islamic Boarding School Students in Pinrang Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. & Prasetya, J. T. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Ahmadi, A. & Supriyono, W. 2014. Psikologi Belajar Cetakan Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baron, A. R. & Byrne. 2015. Psikologi Sosial. Terjemahan oleh Ratna Djuwita. Jakarta: Erlangga.
Djamarah, S. B. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. 2015. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Flurentin, E. 2019. Latihan Kesadaran diri (Self Awareness) dan Kaitannya dengan Penumbuhan Karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang.
Fitriyani, R., Sutardi, D. & Sari, W. K. 2019. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing terhadap Self Awareness Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 9 Kota Bengkulu. Jurnal Psikodidaktika Vo. 4 No. 2.
Hamalik, O. 2010. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan sistem, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group.
Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.
Maharani, L. & Mustika, M. 2016. Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 03. No. 1.
Majdi, K. M., dkk. 2018. Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA melalui Model Quantum Learning One Day One Question Berbasis Dayli Life Science Question. Unnes Phy Education Jounal 7(1).
Noor, J. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Nora, P. Wasidi. & Afriyati, V. 2018. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Pada Siswa Smp Negeri 22 Kota Bengkulu. Onsilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, Volume 1 Nomor 2.
Pandang, A & Anas, M. 2019. Penelitian Eksperimen dalam Bimbingan dan Konseling Konsep Dasar & Aplikasinya Tahap demi Tahap. Badan Penerbit UNM.
Sadiman, A., dkk. 2017. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sari, W. S., dkk. 2017. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan
Sarwono, S. W. 2010. Teori-teori Psikologi Social. Jakarta: Grafindo Persada.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulastriningsih, D. 2011. Setrategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra/ Makasar: Badan Penerbit.
Susilowati. 2015. Efektivitas Bimbingan kelompok melalui eknik Role Playing untuk meningkatkan Self Awareness siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Vol. 05 No.02
Uno, H. B. 2009. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Cet 1. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Uno, H. B. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view : 31 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.