Development of Spinning Wheel Media as an Information Service for Introduction to Students' Careers in Junior High Schools

Faija Heriani(1*), Abdullah Sinring(2), Abdullah Pandang(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


This research developed a spinning wheel game media based on career introductionconducted by researcher based on potential and problem that exist at school. Innovative media renewal is needed during the career introduction process. This research aimed to find out how to develop spinning wheel media based on career introduction and produce valid, practical, effective and responsive media. This media expected to be useful in guidance at school. The researcher developed spinning wheel media by using research methodology and development as followed: 1) potential and problem, 2) data collection, 3) design of product, 4)validity of design, 5)design revision, 6) trial of product, 7) final product. The subject of research werethe students of class IX SMP 1 Tinggimoncong. This research used Research and Development (RnD) method by applying Borg and Gall development theorymodified by researcher. Data collection instrument used in this research werequestionnairesgiven to expert, media expert, practitioner, and respondents (students) to find out the feasibility of the developed media.

Keywords


Spinning wheel; Career; and Career introduction

Full Text:

PDF

References


Aziz, A. 2019. Pengembangan Media Spinning Sebagai Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan karir Peserta Didik Kelas IX SMP YP UNILA Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Amalianital, B. & Putri, E. K. 2020. Perspektif Holland Theory serta Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. Jurnal Riset Tindakan Indonesia.Vol. 4(2): 65-66.

Arbiah. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Spinning wheel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ski Kelas Iv Mi Al-Madaniyah Jempong Mataram Tahun 2020/2021. Skripsi. Mataram: Fakultas Agama Islam Unversitas Muhammadiyah Mataram.af

Afrianda, D. 2019. Efektivitas Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Motif Belajar Siswa Kelas Xi Smk Pab 3 Medan Estate Tahun Pembelajaran 2018/2019. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah.

Apriatama, D. 2018. Faktor – Faktor Yang Menghambat Siswa Dalam Memanfaatkan Layanan Informasi Karir Di Smp Negeri 6 Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. Vol 2(3): 43-47.

Asmanidar, Y. 2019. Layanan Bimbingan Karir Terhadap Peningkatan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruaan Tinggi Di Man Jeuram. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Bagaskara, A. P. 2021. Pengembangan Media Permainan Kartu Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok untuk Pengenalan karir Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 2(10): 1651-1663.

Hidayat, A. S. Dkk. 2021. Pengembangan Modul Permainan Atletik Nomor Lari Berbasis Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jawab Tengah: CV Sarnu Untung.

Hariyati, E. W., & Sakti, N. C. 2018. Pengembangan Media Permainan Spinning Question Pada Kompetensi Dasar Kerja Sama Ekonomi Internasional Kelas IX IPS Di SMP Negeri 1 Porong. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 6(3).

Hidayati, R. 2015. Layanan Informasi karir membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol. 1(1).

Huda, N. F. 2020. Penggunaan Media Spinning wheel Dalam Permainan Qawaid Nahwu. Jurnal Studi Arab, Vol. 11(2): 87-100.

Hidayat, D. R. Dkk. 2020. Pengembangan Aplikasi Android Pengenalan Ragam Profesi Berdasarkan Rumpun Ilmu Terapan. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. Vol 5(1): 6-7.

Kurniawan, A & Marlina, L Dkk. 2021. Bimbingan Karir Implementasi Pendidikan Karakter. Cirebon: Insania Anggota IKAPI.

Lestari, M. A. 2020. Bimbingan Konseling di SD (Mendampingi Siswa Meraih Mimpi). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Miftah, M & Rokhman, N. 2022. Kriteria pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Jurnal ilmiah pendidikan. Vol. 1 No.4.

Masganti, S. 2021. Optimalisasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini Dengan Permainan Tradisional. Jakarta: Kencana.

Muttaqin, R. Dkk. 2017. Keefektifan layanan informasi karir berbantuan video interaktif dan live modeling untuk meningkatkan pemahaman karir siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 6 (2): 174-179.

Nafi, A. 2020. Kematangan Karir Peserta Didik Jaman Now. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nurfadhhillah, S. 2021. Media Permainan. Jawa Barat: CV Jejak Anggota IKAPI.

Nugroho, U. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Jawah Tengah: CV Sarnu Untung.

Sukirno, A. 2018. Pengantar Bimbingan Dan Konseling Islam. Serang Banten: A-Empati.

Sukardi, D. K. (1987). Bimbingan Karir di seolah-sekolah. Dempasar. Ghalia indonesia.

Santrock, J. W. 2003. Adole Scence Perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Pronadamedia Group.

Sos, N. S. 2015. Peranan Penting Perencanaan Dan Pengembangan Karir. Publika: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Vol, 1(2): 268-281.

Sitompul, L. 2018. Meningkatkan Pemahaman Pengenalan karir Melalui Layanan Bimbingan Karir di Sekolah dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. Jurnal Tabularasa, Vol. 15 (3): 316-327.

Sulyganistia, T. 2013. Penerapan Layanan Informasi Karir dengan Menggunakan Media Flashacard untuk Meningkatkan Kemantapan Perencanaan Karir Siswa Kelas IX SMP Negeri 11 Surabaya. Jurnal BK UNESA, Vol 3 (1): 55-63.

Styorini, I. N. 2018. Layanan Informasi Karir Sebagai Prediktor Kemandirian Pemilihan Karir. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 1(1). 18-19.

Saputri, J. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Spinning wheel Image Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Iv Sdn Batu Bessi Kabupaten Barru. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tompo, M. A. Dkk. 2021. Pengembangan Media Bimbingan Konseling Pop-Up Book Career Sebagai Media Informasi Pengenalan Karir Untuk Siswa Kelas V Di Sdn No. 17 Pokobulo. Journal Of Education.

Pandang, A. & Anas, M. 2019. Penelitian Eksperimen Dalam Bimbingan dan Konseling (Konsep Dasar & Aplikasinya Tahap Demi Tahap). Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Prayitno, (2018), Konseling Profesional Yang Berhasil (Layanan Dan Kegiatan Pendukung), Cetakan Pertama Padang: PT Raja Grapindo Persada. hal 66.

Purnama, S. 2016. Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk Permainan bahasa Arab). Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4 (1): 19-32.

Pramtiana, N. T. 2018. Pengembangan Media Boneka Jari Untuk Pengenalan Karir Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah di SD Muhammadiyah Wonokromo II. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Vol 4(8): 421-423.

Ritonga, M. Dkk. 2020. Pengembangan Model Permainan Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Yogyakarta: VC Budi Utama.

Rahmawati, R. D. Dkk. 2021. Pendampingan Pembuatan Media Permainan Inovatif Spinning wheel Bagi Guru di Mi Miftahul Ma’arif. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2(3): 154-159.

Wahyudin, R. 2019. Peningkatan Pengenalan Karir Pada Mata Pelajaran Ips dengan Media Video Di Kelas Iv Sd Negeri Gayamharjo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.