Application of Solution Focused Brief Counseling Techniques to Reduce Learning Stres in Vocational High School Students

Nurafiah Nurafiah(1*), Abdul Saman(2), Akhmad Harum(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


The main studies of this study are: (1) Description of student learning stres at SMK Negeri 7 Majene, (2) Description of the implementation of the technique solution focused brief counseling in reducing student learning stres at SMK Negeri 7 Majene, (3) Engineering solution focused brief counseling can reduce student learning stres at SMK Negeri 7 Majene. This research approach is a quantitative approach to the type of experimental research with modelstrue experiment design. The design form used in this study is randomized pretest-posttest control group design. There were 16 samples in this study which were divided into 8 experimental groups and 8 control groups. Data collection techniques used are questionnaires, and observation. The data analysis technique used is descriptive statistics and inferential statistics with test calculationst-test using programsSPSS Version 26.0 for windows. The results showed that (1) students' learning stres was in the high category (2) the application of techniques solution focused brief counseling carried out according to the scenario, namely 5 meetings (3) application of techniques solution focused brief counseling can reduce student learning stres at SMK Negeri 7 Majene.

Keywords


solution focused brief counseling; study stress

Full Text:

PDF

References


Ade, A.H. 2019. Stres Akademik Siswa SMA dan Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling. Skripsi. Padang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

Agatha, F. 2022. Layanan Konseling Islami Dalam Menanggulangi Stres Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Selesai. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Aryani. F. 2016. Stres Belajar Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling. Makassar: Edukasi Mitra Grafika

Aryani, F. 2008. Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) untuk Mengelola Stres Belajar Siswa. Disertasi. Malang. Universitas Negeri Malang

Arifin. A.A. 2018. Meminimalisir Stres Belajar Siswa Melalui Teknik Meditasi Hening. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, Vol. 2, No. 1, hal. 68-74

Anggraini V.D. 2018. Faktor Penyebab Stres Akademik Pada Siswa (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas 4 dan 5 SD Bentara Wacana Muntilan). Skripsi. Yogyakarta:, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma.

Dahlan, H.T. 2009. Model Konseling Singkat Berfokus Solusi Solution-Focused Brief Counseling) untuk Meningkatkan Daya Psikologis Mahasiswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Dewi. N. H. 2020. Penerapan Teknik Stres Inoculation Training untuk Mengurangi Stres Belajar Siswa di SMP Negeri 22 Makassar. Skripsi. Makassar:, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Fitriyah. Dkk. 2021. Konseling Singkat Berfokus Solusi Untuk Mengurangi Burnout Selama Belajar Dari Rumah Pada Siswa. COUNSENESIA. 2 (2). 166-177.

Gunawan. S. A. Pengembangan Media Bimbingan Belajar Smart Book Berbasis Aplikasi Android Sebagai Media Informasi Dalam Strategi Mengelola Stres Belajar Siswa di SMA Negeri 13 Bone. Skripsi. Makassar:, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Jamaluddin. A. 2019. Pengaruh Konseling Singkat Berfokus Solusi (SFBC) Terhadap Perilaku Bolos Siswa di SMPN 1 Patampanua. Tesis. Makassar;. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar.

Jumiati. 2018. Mengatasi Belajar Dengan Teknik Relaksasi Melalui Layanan Konseling Individual Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sei Rampah Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Medan:. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Khasanah. U. 2015. Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Mengurangi Dampak Stres Belajar Siswa SMA Kolombo Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta:, Fakultass Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Lubis N.L. & Hasnida. 2016. Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.

Masril, M., & Afiat, Y. 2020. Solution Focus Brief Counseling Dalam Perspektif Al-Qur’an Sebagai Manifestasi Pendidikan Masa Kini. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 17(1), 17–32. https://doi.org/10.14421/hisbah.2020.171-02

Mulawarman. 2010. Penerapan Solution Focused Brief Therapy (SFBT) untuk meningkatkan harga diri (Self-Esteem).

Mulawarman. 2019. Konseling Singkat Berfokus Solusi Konsep, Riset, dan Prosedur. Jakarta: Kencana

Musdalipa. 2018. Penerapan Teknik Solution Focused Brief Counseling untuk Mengurangi Stres Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Polewali. Tesis. Makassar;. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar.

Nugroho, A. H., Puspita, D. A., & Mulawarman, M. 2018. Penerapan Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Meningkatkan Konsep Diri Akademik Siswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 93. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p93-99

Pandang, A & Anas, M. 2019. Penelitian Eksperimen dalam Bimbingan dan Konseling: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Prayitno. 2017. Konseling Profesional yang Berhasil Layanan dan Kegiatan Pendukung, Jakarta: Persada.

Shabrina, N., Darmadi, D., & Sari, R. (2020). Pengaruh Motivasi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Muslim Galeri Indonesia. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(2), 164–173. https://doi.org/10.33753/madani.v3i2.108

Sam. J. A. 2021. Penerapan Teknik Self Management. Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Waktu Belajar di SMA Negeri 22 Makassar. Skripsi. Makassar:, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Septilawati,M. 2021. Teknik Solution Focused Brief Counseling (Sfbc) untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa Kelas X SMK SMTI Padang. JIRAJurnal Inovasi dan Riset Akademik. 2 (4). 430-436

Sinring, A dkk. 2016. Panduan Penulisan Skripsi (Proposal Skripsi, Skripsi & Karya Ilmiah). Makassar

Stefania, dkk. 2020. Hubungan Motivasi Terhadap Tingkta Stres Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu. 4 (3). 733-739

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.

Susilowati. S. 2021. Efektivitas Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Mengurangi Perilakuu Prokrastinasi Akademik Pada Kegiatan Pembelajaran Daring Peserta Didik SMA Negri 9 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta PT Armas Duta Jaya.

Wahyu. L.D. 2021. Efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Meningkakan Resiliensi Siswa SMP Islam Al Amal Surabaya. Helper. 38 (1). 26-34

Widayanti. 2020. Efektivitas Konseling Kelompok SFBC dengan teknik exception dan miracle question untuk meningkatkan Self Control pada siswa pelaku tawuran di SMK Nasional Cirebon. Tesis. Semarang:, Program studi Bimbingan Konseling Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.