Implementation of Number Pocket Media in Improving the Capability of Addition Count Operations in Deaf Children
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad, A. (2014). Latihan Senam Mulut Dapat Meningkatkan Kemampuan Mengucapkan Huruf Vokal Pada Murid Tunarungu Kelas Persiapan di SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Negeri Makassar.
Bilqis, A. N. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Operasi Penjumlahan Bersusun Menggunakan Media Kantong Bilangan pada Anak Tunarungu Kelas IV di SLB Prima Karya Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Bunawan, L., & Cecilia, Y. (2000). Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Yayasan Santi Rama.
Damri, I. P. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Media Kotak Angka Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Khusus, 2(3), 236.
Falevi, R. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Penjumlahan Siswa Autisme Kelas V SLBN 3 Kemayoran Jakarta Pusat Melalui Penggunaan Media Papan Sumpit Hitung. Universitas Negeri Jakarta.
Fiske, J., Dickinson, C., Boyle, C., Burke, M., & Rafique, S. (2007). Special Care Dentistry. Quintessence Publishing Co. Ltd.
Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. PT. Remaja Rosdakarya.
Indriani. (2013). Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan 1-5 pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Assesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 12(2), 143–152.
Juniarti, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Kantong Bilangan Pada Murid Autis Kelas IX di SLB YPAC Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Narore, M. (2011). Meningkatkan Keterampilan Siswa Pada Pengurangan Bilangan Cacah Dengan Tekhnik Meminjam Melalui Media Kantong Bilangan di Kelas II SDN Pauwo Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan, 8(1).
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rahmanita, F., & Samawi, A. (2014). Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Anak Tunagrahita di SDLB. Jurnal Ortopedagogia, 1(2), 106–111.
Ratnasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Kantong Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Bilangan Secara Bersusun pada Siswa Kelas 1 SD N Prambanan Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.
Runtukahu, & Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ar-ruz Media.
Sofiani. (2013). Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan 1 Sampai 10 Melalui Kantong Bilangan Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 374–383.
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2006). Penelitian Dengan Subyek Tunggal. UPI Press.
Wardani, A., Hernawati, T., & Somad, P. (2014). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Universitas Terbuka.
Zulaichah, S. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Anak Berkesulitan Belajar Matematika Kelas III. Universitas Negeri Yogyakarta.
Article Metrics
Abstract view : 55 times | PDF view : 41 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.