Application of Self-Management Techniques to Reduce Academic Procrastination Behavior of High School Students

Kumalasari Kumalasari(1*), Abdullah Sinring(2), Akhmad Harum(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


The problem in this study is the high tendency of students' academic procrastination behavior. This study aims to: 1) Know the tendency of students' academic procrastination behavior at SMAN 13 Makassar 2) Know the description of the implementation of self-management techniques 3) Know the effectiveness of self-management techniques to reduce students' academic procrastination behavior. This research uses a quantitative approach with the type of Quasi-Experiment Design. The results showed that: (1) The level of students' academic procrastination behavior during the pretest in the experimental and control sample groups was in the high category. During the posttest, the level of academic procrastination behavior of the experimental group students changed to the low category and the control group remained in the high category. (2) The implementation of self-management techniques consists of five stages, namely rational treatment, self-monitoring, positive reinforcement (self-reward), contracts or agreements with oneself (self-contracting) and exercising control over stimuli (stimulus control). (3) The application of self-management techniques is significantly effective in reducing students' academic procrastination behavior at SMAN 13 Makassar.

Keywords


Academic Procrastination; Self-Management; Group Counseling

Full Text:

PDF

References


Aprillia, R., 2021. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik pada Siswa di SMA Ali Maksum. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Arung, A. Y. 2010. Penggunaan Teknik Manajemen Diri Terhadap Kecenderungan Perilaku Prokrastinasi Akademik Di SMP Negeri 1 Makassar. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan. UNM.

Asrianti, 2016. Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kebiasaan Bermain Game Online Pada Siswa di SMA Negeri 1 Tinggimoncong. Skripsi. Pada jurusan PPB UNM.

Dami, Z.A. dan Loppies, P.A., 2018. Efikasi Akademik dan Prokrastinasi Akademik Sebagai Prediktor Prestasi Akademik. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), pp.74-85.

Detria. 2012. Efektivitas Teknik Manajemen Diri Untuk Mengurangi Kecanduan Online Game. Skripsi Jurusan Psikologi pendidikan dan Bimbingan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Firmansyah, D., 2019. Peran Hukuman Edukatif dalam Membentuk Self Management Siswa (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Mambaul Hisan Kadipaten Babadan Ponorogo). Ponorogo : IAIN Ponorogo

Ghufron, M, N, & Risnawita, R. 2019. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunarsa, Singgih D., 2011. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta : Libri.

Hidayati, L., 2018. Pengaruh Penerapan Konseling Kognitif-Prilaku Terhadap Penurunan Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Kelas VIII di SMP Gajah Mada Bandar Lampung TP 2017-2018. Skripsi Jurusan Psikologi pendidikan dan Bimbingan. Lampung : UIN Raden Intan Lampung.

Kadir. 2016. Statistika Terapan. Konsep, Contoh dan Analisis Data Menggunakan Program SPSS/Lisrel dalamPenelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Kohar, F.Y., 2017. Hubungan Rasa Tanggung Jawab Dengan Prokrastinasi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. Skripsi Jurusan Psikologi pendidikan dan Bimbingan. Surabaya : Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Komalasari. 2017. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks

Kurnanto, M.E. 2013. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lumongga, N., 2017. Konseling Kelompok. Jakarta : Kencana.

Meilindani, G, S. 2018. Keefektifan teknik self management untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas XI Nautika A SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Pedagogia, 2(6): 3-9

Munawaroh, M, L, Alhadi, S, & Saputra, W, N, E. 2020. Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menegah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1): 26-31.

Natawidjaja. (2009). Konseling Kelompok Konsep Dasar Dan Pendekatan. Rizqi Press.

Nurdiani, W. (2008). Efektivitas Konseling Berorientasi Perilaku Untuk Menurunkan Intensitas Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas: Penelitian Pra Eksperimen terhadap Siswa Sekolah Menengah Atas Pasundan 3 Cimahi Tahun Ajaran 2007-2008 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nurihsan, Achmad Juntika. 2007. Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Belakang. Bandung: Refika Adiatama.

Ramadhani, E., Sadiyah, H., Putri, R. D., & Pohan, R. A. (2020). Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 45-51.

Rusmana, N. (2019). Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah: Metode, Teknik dan Aplikasi. Rizqi Press.

Sepehrian. 2021. Academic Procastination and its Predective Factors. Journal of Psycological Studies, vol. 7(4), 9-26

Sholichatun, N, Farida, & Muhari. 2020. Penerapan Self Management Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Sukomoro Ngajuk Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal BK UNESA, 1(2): 1

Steel. 2007. The Nature of Procastination: A Meta-analytic and Theoeritical Riview of Quintessential Self-Regulary Failure. Psycological Bulletin, vol 133 (1), 65-94

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta

Suwanto, I., 2016. Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), pp.1-5.

Syah, M. 2019. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Ulfa. M. 2018. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok melallui Teknik Self- Management untuk Meningktkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kapontori. Jurnal Psikologi Konseling, vol. 12, 120-132

Ulum, M.I., 2016. Strategi self-regulated learning untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), pp.153-170.

Winkel dan Hastuti, Sri. 2004. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi.

Yospina. 2019. Efektivitas Konseling Kelompok dengan teknik Self-Management untuk Mengurangi Prilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Negeri 3 Tarakan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, vol 1(1), 1-7


Article Metrics

Abstract view : 94 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.