Application of Reality Counseling to Increase Self-Esteem in High School Students in Takalar Regency

Amriana Amriana(1*), Samsul Bachri Thalib(2), Nur Fadhilah Umar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


This study examined the application of reality counseling to increase the price of DII in students of SMAN 2 Takalar XI class. What is the problem in this study: (1) How is the self-esteem of students in the XI SMAN 2 Takalar class? (2) What is the picture of the application of reality counseling in improving student self-esteem in Class XI SMAN 2 Takalar? (3) Can the application of reality counseling increase student self-esteem in Class XI SMAN 2 Takalar? The purpose of this study is: (1) To know the self-esteem of students in Class XI SMAN 2 Takalar. (2) To know the picture of application of reality counseling in class XI SMAN 2 Takalar. (3) To know the application of reality counseling can increase student self-esteem in class XI SMAN 2 Takalar. This approach uses a quantitative approach with a type of research tru experiment in the form of a pretest-posttest control group design design design. The research population was XI class students of 88 students and a research sample of 20 students divided into experimental groups and control groups of 10 students each. Sampling with purpasive sampling technique. Data collection using self-esteem scales, and observation guidelines.

Keywords


Reality Counselling; Student Self-Evaluation

Full Text:

PDF

References


Amalia & Dachmiati. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa. Jurnal Fokus Konseling. Vol. 3. (2). Hal. 148-153.

Astuti, W. 2013. Upaya Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa Yang Mengalami Pengabaian Orang Tua Melalui Konseling Realitas Pada Siswa Dikelas VII G SMP Negeri 13 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Bahtera, M. 2021. Pengaruh Konseling Realitas WDEP (Wants, Doing, Evaluation, Planning) Untuk Meningkatkan Motivasin Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Skripsi. Sumatera Utara: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Ekasari, A., Andriyani, Z. 2013. Pengaruh Peer Group Support Dan Self Esteem Terhadap Resilience Pada Siswa SMAN Tambun Utara Bekasi. Jurnal Soul. Vol. 6 (1). Maret 2013.

Harum. 2022. Peningkatan Self Esteem Siswa Melalui Kombinasi Teknik Rostrukturisasi Kognitif Dan Visualisasi. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 5. (1). ISSN. 2622-6057. e-ISSN. 2657-070x.

Hidayah, M. 2019. Penerapan Tehnik Self Instruction Dalam Mengurangi Tingkat Stres Akademik Siswa Di SMA Negeri 8 Model Bulukumba. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Irianto. (2014). Statistik Konsep Dasar, Aplikasi, Dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Jamna, Yusuf & Indra. 2015. Efektifitas Team Assisted Individualization Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik. Jutnal Edukasi. Vol. 1. (2).

Kadir, M. 2022. Pengaruh Teknik Self Management Dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMAN 1 Enrekang. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Khakim, S. R. 2017. Efektivitas Konseling Realita Prosedur WDEP Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Loceret. Skripsi. Kediri: Universitas PGRI Kediri.

Lusi, C. 2013. Meningkatkan Harga diri Siswa melalui Penerapan Konseling Realitas di kelas XI SMA Negeri 19 Medan Kecamatan Seruwai Belawan Tahun 2012/2013. Skripsi. Medan.

Maharani, D. M. 2019. Hubungan Antara Self-Esteem Dengan Academic Burnout Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mustofa, D. A. 2018. Pengaruh Self Esteem Terhadap Kecemasan Sosial Pada Remaja Mantan Pengguna Narkoba. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Pramono, P. A. 2019. Hubungan Self Esteem Dan Social Loafing Dalam Mengerjakan Tugas Kelompok Pada Mahasiswa Psikologi Unnes. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Regina, M. 2019. Pengaruh Konseling Realitas Teknik WDEP Terhadap Adaptation Dan Responbility Mahasiswa D3 Kebidanan Tinkat 1 Di Stikes Santa Elisabeth Medan Tahun 2019. Skripsi. Medan: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth Medan.

Sandha, P. T., Hartati, S. & Fauziah, N. 2012. Hubungan Antar Self-Esteem Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Tahun Pertama SMA Krista Mikra Semarang. Jurnal Psikologi. Vol. 1 (1). Hal. 47-82.

Saraswati, B. S. 2020. Efektivitas Konseling Kelompok Realitas WDEP Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akademik. Skripsi. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sasongko, M. A. N. 2019. Pengaruh Self Esteem, Self Efficacy, Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siregar. (2016). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R & D Dan Penelitian Tindakan). Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, H., Shabrina., Sumarni, S. 2021. Tingkat Self Esteem Siswa Kelas XII Pada Pembelajaran Matematika Daring. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 10 (2). P-ISSN: 2086-4280. E-ISSN: 2527-8827.

Verdianingsih, E. 2018. Self-Esteem Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eduscope. Vol 03 (2). P-ISSN: 2460-4844 E-ISSN: 2502-3985.

Wahyuni, S. 2021. Eksperimentasi Konseling Realitas Terhadap Peningkatan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Dalam Menyelesaikan Tugas Akademik Pada Peserta Didik SMK Islam Adiluwih Kabupaten Pringsewa. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Yuliani, W. 2018. Pengaruh Konseling WDEP Dalam Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik. Jurnal Quanta. Vol. 2 (3). P-ISSN: 2614-6223. E-ISSN: 2614-2198.


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.