Application of Reality Counseling to Increase Self-Esteem in High School Students in Takalar Regency
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia & Dachmiati. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa. Jurnal Fokus Konseling. Vol. 3. (2). Hal. 148-153.
Astuti, W. 2013. Upaya Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa Yang Mengalami Pengabaian Orang Tua Melalui Konseling Realitas Pada Siswa Dikelas VII G SMP Negeri 13 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Bahtera, M. 2021. Pengaruh Konseling Realitas WDEP (Wants, Doing, Evaluation, Planning) Untuk Meningkatkan Motivasin Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Skripsi. Sumatera Utara: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Ekasari, A., Andriyani, Z. 2013. Pengaruh Peer Group Support Dan Self Esteem Terhadap Resilience Pada Siswa SMAN Tambun Utara Bekasi. Jurnal Soul. Vol. 6 (1). Maret 2013.
Harum. 2022. Peningkatan Self Esteem Siswa Melalui Kombinasi Teknik Rostrukturisasi Kognitif Dan Visualisasi. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 5. (1). ISSN. 2622-6057. e-ISSN. 2657-070x.
Hidayah, M. 2019. Penerapan Tehnik Self Instruction Dalam Mengurangi Tingkat Stres Akademik Siswa Di SMA Negeri 8 Model Bulukumba. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Irianto. (2014). Statistik Konsep Dasar, Aplikasi, Dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Jamna, Yusuf & Indra. 2015. Efektifitas Team Assisted Individualization Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik. Jutnal Edukasi. Vol. 1. (2).
Kadir, M. 2022. Pengaruh Teknik Self Management Dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMAN 1 Enrekang. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Khakim, S. R. 2017. Efektivitas Konseling Realita Prosedur WDEP Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Loceret. Skripsi. Kediri: Universitas PGRI Kediri.
Lusi, C. 2013. Meningkatkan Harga diri Siswa melalui Penerapan Konseling Realitas di kelas XI SMA Negeri 19 Medan Kecamatan Seruwai Belawan Tahun 2012/2013. Skripsi. Medan.
Maharani, D. M. 2019. Hubungan Antara Self-Esteem Dengan Academic Burnout Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Mustofa, D. A. 2018. Pengaruh Self Esteem Terhadap Kecemasan Sosial Pada Remaja Mantan Pengguna Narkoba. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Pramono, P. A. 2019. Hubungan Self Esteem Dan Social Loafing Dalam Mengerjakan Tugas Kelompok Pada Mahasiswa Psikologi Unnes. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Regina, M. 2019. Pengaruh Konseling Realitas Teknik WDEP Terhadap Adaptation Dan Responbility Mahasiswa D3 Kebidanan Tinkat 1 Di Stikes Santa Elisabeth Medan Tahun 2019. Skripsi. Medan: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth Medan.
Sandha, P. T., Hartati, S. & Fauziah, N. 2012. Hubungan Antar Self-Esteem Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Tahun Pertama SMA Krista Mikra Semarang. Jurnal Psikologi. Vol. 1 (1). Hal. 47-82.
Saraswati, B. S. 2020. Efektivitas Konseling Kelompok Realitas WDEP Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akademik. Skripsi. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.
Sasongko, M. A. N. 2019. Pengaruh Self Esteem, Self Efficacy, Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Siregar. (2016). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R & D Dan Penelitian Tindakan). Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, H., Shabrina., Sumarni, S. 2021. Tingkat Self Esteem Siswa Kelas XII Pada Pembelajaran Matematika Daring. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 10 (2). P-ISSN: 2086-4280. E-ISSN: 2527-8827.
Verdianingsih, E. 2018. Self-Esteem Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eduscope. Vol 03 (2). P-ISSN: 2460-4844 E-ISSN: 2502-3985.
Wahyuni, S. 2021. Eksperimentasi Konseling Realitas Terhadap Peningkatan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Dalam Menyelesaikan Tugas Akademik Pada Peserta Didik SMK Islam Adiluwih Kabupaten Pringsewa. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Yuliani, W. 2018. Pengaruh Konseling WDEP Dalam Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik. Jurnal Quanta. Vol. 2 (3). P-ISSN: 2614-6223. E-ISSN: 2614-2198.
Article Metrics
Abstract view : 63 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.