Development of Guidance and Counseling Media Modification of Truth and Dare Cards to Increase Self-Confidence in Junior High School Students
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, N., & Rapi, M. (2018) MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI. Jurnal academia.
Al-Ghaffar, J. R., Hidayah, N., Hasibuan, F. A., Hasibuan, R., & Harahap, R. (2022). Pengembangan Media BK untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di MAN 2 Deli Serdang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 531-543.
Alkhofiyah, M. S. (2021). SOLUSI TERHADAP PROBLEM PERCAYA DIRI (SELF CONFIDANCE). Al Ghazali, 4(1), 30-45.
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun self-confidence siswa melalui pembelajaran matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147-153
Azmi Septiani Thalib. 2020. “Pengembangan Media Permainan Monopoli Truth and Dare untuk Meningkatkan Self Confidence Pada Peserta Didik di SMP Negeri 8 Makassar”. Skripsi. Makassar : Universitas Negeri Makassar.
Dimenggo, D., & Yendi, F. M. (2021). The correlation between self-confidence and anxiety in encounter the work environment of final semester students. Jurnal Neo Konseling, 3(1), 55-60.
Firmansyah, W. (2021). Peningkatan Self Confidence Siswa Dengan Teknik Assertive Training Dalam Layanan Konseling Kelompok Di Mas Nurul Hidayah Bengkalis. Phd Thesis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Fitria, F., & Riswandi, F. N. (2021). Penerapan Permainan Musical Chair Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115-128
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5.
Hayatillah Mila.(2021). “Penerapan Media Permainan Truth and Dare untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di MTSN 4 PIDDE”. Skripsi.Banda Aceh : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Kamilah, A. (2021). Pelatihan Berpikir Positif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Yatim Pondok Pesantren X Di Palembang . PhD Thesis. Yogyakarta : Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Karo-Karo,I.R.,& Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Lukman, S. M., & Nirwana, H. (2020). The Relationship between Physical Self-Concept and Student Self-Confidence. Jurnal Neo Konseling, 2(1).
Maulidyana, A. (2020). PENGARUH PENGUASAAN IT (INFORMATION AND TECHNOLOGY) TERHADAP SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MUHAMMADIYAH 23 SURABAYA TAHUN 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Miftahur Wahyu Ningsih .2018.” Pengembangan Media Permainan Monopoli Truth And Dare Untuk Meningkatkan Self Confidence Pada Siswa Siswi SMP Negeri 1 BALONGBENDO”. Skripsi. Surabaya :.Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Musriandi, R., Meutia, P. D., & Saifuddin, S. (2020). Self Confidence Mahasiswa Dalam Perkuliahan Biostatistik. Jurnal Serambi Akademica, 8(7), 1216-1222
NURAIDA, S. (2021). IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMKN 4 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Pardede, M., & Manalu, M. (2022). HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI SMA N 1 KECAMATAN BINTANG BAYU KAABUPATEN SERDANG BEDAGAI TA 2020/2021. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, 4(2), 76-86.
Prasetiawan, Hardi, and Said Alhadi. 2018. “Pemanfaatan Media Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Se-Kota Yogyakarta.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling 3 (2): 87–98.
Purwaningtyastuti, P., & Savitri, A. D. (2020). Kohesivitas Kelompok Ditinjau dari Interaksi Sosial dan Jenis Kelamin pada Anak-Anak Panti Asuhan. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 4(2), 118-127.
Puspitasari, W., & Pratiwi, T. I. (2020). Pengembangan Modifikasi Permainan Truth or Dare Untuk Meningkatkan Konsep Diri di Kelas XII IPA MAN 2 Gresik. Jurnal BK UNESA, 10(3).
Ramadhani, R. A., & Nursalim, M. (2020). Pengembangan Media Modifikasi Truth And Dare Card Interaksi Sosial Untuk Peserta Didik Kelas VIII E Di SMP Negeri 29 Gresik. Jurnal BK UNESA, 11(2).
Renatha, G. T. B., & Rosdiana, L. (2020). Validitas Permainan Kartu Truth and Dare Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMP Kelas VII. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 138-145.
Salim, A., & Utama, A. H. (2020). Evaluasi Sumatif Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Tepat Guna di Sekolah Dasar (SD) Se-Kota Banjarmasin. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 6(2).
Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9-17.
Sholiha, S., & Aulia, L. A. A. (2020). Hubungan Self Concept dan Self Confidence. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7(1), 41-55.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan ( Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan ). Alfabeta : Bandung.
Sutari, W. I. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Self Confidence Siswa Dalam Belajar di MTs. AL ULUM Medan . Skripsi , Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Sutopo, L., Asriyah, H. M., Wibowo, M. A., & Hernisawati, H. (2022). Self-Confidence dan Pemaknaan Hijrah bagi Muslim dilihat dari Persfektip Konseling Islam. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 282-287.
Tarigan, D., & Saskia, E. (2019). Pengaruh Media Permainan Truth Or Dare (Tod) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas V SDN 107399 Bandar Khalipah. In SEMINAR NASIONAL PGSD UNIMED (Vol. 2, No. 1, pp. 84-95).
Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97-102.
Zaini, Ahmad, Mori Dianto, and Rila Rahma Mulyani. 2020. “Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan Dan Konseling Dalam Layanan Informasi.” In , 126–31..
RIZKY, A. (2022). PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL MELALUI EKSTRAKULIKULER PASKIBRA DALAM MENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022 (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Article Metrics
Abstract view : 79 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.