Application of Self-Management Techniques to Reduce Academic Procrastination in High Schools

Yustika Yustika(1*), Syamsul Bachri Thalib(2), Suciani Latif(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


This research focuses on academic procrastination behavior in class XI students at SMA Negeri 7 Pinrang. 1) An assessment of students' academic procrastination before providing self-management technique group counseling services. (2) An overview of the implementation of group counseling with self-management techniques (3) Application of self-management techniques to reduce students' academic procrastination Data collection is carried out through surveys and interviews. This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental design type and a non-equivalent control group design. The research results obtained are: (1) the level of academic procrastination during the pretest in both groups was in the high category; then, at the time of the posttest, the experimental group underwent a change to the low category, and the control group had an insignificant change. (2) The application of self-management techniques is carried out through 4 stages, namely, self-monitoring, self-contracting, self-control, and self-reward. (3) obtained the results of the hypothesis test calculation with the value of Asymp Sig = 0.018   0.05 showing H0 rejected and H1 accepted, so it can be concluded that the application of group counseling with self-management techniques can reduce the academic procrastination behavior of students at SMA Negeri 7 Pinrang.

Keywords


Academic Procrastination; Self-Management; Group Counseling

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Faiz, Siti Fitriana. (2021). Penerapan Konseling Cognitive Behavior dengan Teknik Self-management untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Semarang: Sultan Agung Fundamental Research Journal

Afrina Sarwan, Nuraini. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok dan Harga Diri terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Takengon Aceh Tengah: Jurnal Diversita, Vol.4, No.1

Agatri, Wiranti. (2021). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Siswa di SMA Negeri 1 Merangin. Jambi. Universitas Jambi

Aklima, Yuni, Agus Supriyanto, Ustadi Antara. (2020). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Muara Batu). Yogyakarta: Prosiding Pendidikan Progesi Guru

Annisa. (2018). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-management Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Bandar Lampung.

Annisa, Mutia, I., Aminah, A.W. (2022). Dampak Prokrastinasi Akademik Terhadap Penilaian Hasil Belajar Siswa di Mts Negeri 1 Banjarmasin. Kalimantan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 4, No.1. hal.3886-3891.

Alviana, Devi Warto. 2018. Hubungan prokrastinasi Akademik dengan Aktualisasi Diri Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol. 12, No. 1.

Akhmad, Larastika. 2019. Hubungan Antara Smartphone Addiction dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Psikologi yang Menyusun Skripsi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana

Arimathea, A. (2019) Bentuk-bentuk Prokrastinasi yang terindikasi Tinggi pada Mahasiswa yang Lambat Dalam Penulisan SKripsi di FKIP Universitas Sanata Dharma Angkatan 2012-2014. Skripsi

Asbari, Masduki, dkk. (2020). Bekerja Sambil Kuliah dalam Perspektif Self-Management (Studi Etnografi pada Karyawan Etnis Jawa di Kota Seribu Industri Tangerang: Edumaspul, Vol.4, No.1, hal. 253-263

Andayani (Ed). (2021). Kajian Psikologuistik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Auliya. (2018). Teori Behavioral dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam. Padang: Al-Taujih, Vol.4, No.1, hal.61-75

Barida, Muya. (2018). Urgensi Pengembangan Model Konseling Kelompok Teknik Self-management untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa SMP. Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, Vol.4, No.1

Basilisa, Gabriela. (2021). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Santo Kristoforus 1 Jakarta. Jakarta: Jurnal Psiko-Edukasi, Vol.19, No.2, hal.140-150

Fatchurahman, Depie, M. (2017). Konseling Kelompok Gestalt Dengan Reversal Technique Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Self-Management Dalam Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, Vol.3, No.1, hal.18-25.

Fauziah, Henia Fitri. (2019). Penerapan Konseling Individu Dengan Teknik SelfInstruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas IX Di SMP Negeri 6 Bandar Lampung. Lampung: Fakultas Tarbiyah

Fahmi, Jihan Zul, M. Ramli, Nur Hidayah. (2019). Teknik Self-Management sebagai Upaya Mereduksi Gaya Hidup Hedonis Siswa SMA. Malang: Jurnal Pendidikan, Vol.4, No.10, hal.1408-1416

Firmansyah, D., (2019). Peran Hukuman Edukatif dalam Membentuk Self-management Siswa (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Mambaul Hisan Kadipaten Babadan Ponorogo). Ponorogo : IAIN Ponorogo

Fithriyah. Rohmatul. dkk. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Sidoarjo: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3, No.4

Fitri & Marjohan. (2016). Manfaat Layanan Konseling Kelompok dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol.2, No.2, hal.1-6

Hidayat, Rifqi. (2017). Pengaruh Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akhlaq Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Tamansari Karangmoncol Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017. Purwokerto: Fakultas Agama Islam

Imran, Nur Azizah. 2020. Penerapan Teknik Self-Management untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial pada Siswa di SMA Negeri 1 Sinjai. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Ilyas, M., Suryadi. (2017). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Islam Terpadu (IT) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta: Yogyakarta: Jurnal Pemikiran Islam, Vol.41, No.1, hal.71-82

Juliawati, Dosi. (2016). Peran Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dalam Mengurangi Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.12, No.2

Jundana, A. (2020). Penerapan Strategi Self-Management Dalam Konseling Kelompok Behavior Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Surabaya: PD ABKIN JATIM Open Journal System, Vol.1, No.1, hal.143–150.

Khairunisa, Muri Yusuf, Firman. (2022). Implementasi Teknik Self-management untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa S1. Padang: Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, Vol.8, No.2.

Khairani, S., Nina, P.S., Arsyad, M. (2021). Upaya Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management di Kelas X IPS SMA Negeri 11 Banjarmasin. Banjarmasin: Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, Vol.4, No.3.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2016). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Kurniati. (2019). Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Self-Management untuk Mengurangi Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan

Larasati, W., Ibnu, M., Asroful, K. (2022) Penerapan Konseling Behavior Teknik Self Management untuk Menurunkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas 8 di SMPN 1 Gerih. Madiun: FKIP Universitas PGRI Madiun, Vol.6, No.1

Narbuko, C & Achmadi, H.A. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Nurhidayatullah & Erwan. (2020). Penerapan Teknik Self-management untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Negeri 12 Makassar. Makassar:Jurnal Educandum, Vol.5, No.1

Madidar, S.M., Muhid, A. (2022). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Surabaya: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.5, No.1, hal.19-26

Mahardika, Yudha. (2019). Hubungan Antara Kecanduan Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Skipsi. Universitas Islam Indonesia. Daerah Istimewa Yogyakarta.

Michelle, Jean. (2021). Hubungan Antara Pengendalian diri dan prokrastinasi akademis siswa kelas XI SMA Bunda hati kudus tahun anajaran 2019/2020. Jakarta: Jurnal Psikoedukasi Vol.19, No.1, hal.39-48

Mardi, Alfan Surya. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Tingkat Kemandirian di MAN 1 Malang. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Muliyadi. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (Self Regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Enrekang: Edumaspul

Muyana, Siti. (2018). Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Madiun. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.8, No.1

Ningsih, Ayu P., Diplan. (2018) Konseling Kelompok dengan Teknik Relaksasi Kesadaran Indera untuk Meningkatkan Kontrol Diri Terhadap Emosi Marah pada Remaja di Panti Sosial Bina Remaja Palangkaraya. Kalimantan Tengah: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.3, No.2, hal-12-18

Olivia, Indra. (2017). Pengaruh Penggunaan Strategi Self-Management Dalam Konseling Kelompok Terhadap Intensitas Minat Belajar Siswa Kelas X Smk Al-Islah Surabaya. Jurnal Bimbingan Konseling Fkip Unipa.

Parantika, Aan. (2020). Perbedaan Sikap Prokrastinasi Akademik Antara Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Kelas V Sd Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Paraswati, Novi, Purwadi, Dwi PD. (2018). Analisis Kemandirian dalam Kegiatan Seni Tari Usia 5-6 Tahun. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang

Prasetya, Aziz Inmas & Nurjannah. (2021). Penerapan Konseling Menggunakan Teknik Self-management untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik. Yogyakarta: Jurnal Ar-Raniry, Vol.4, No.1

Prasityo, A.D., Abdul, M. (2022). Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitive Restructuring Menurunkan Prokrastinasi Akademik. Surabaya: Jurnal Konseling Pendidikan, Vol.6, No.1, hal.20-32

Pratiwi, Erma Nufi. (2021). Panduan Self Instruction dengan Pendekatan Structured Learning Approach untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Malang: Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol.6, No.2, hal.228-234

Putri, N.S. (2019). Konseling Kelompok dengan Terapi dalam Menurunkan Prokrastinasi Akademik. Yogyakarta: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.6, No.1, hal.49-56

Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol.4, No.2, hal.33-41.

Saka, A.P, Wirastania, Aniek. (2021). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Management untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMAN 15 Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Vol.38, No.2, hal.59-68

Saraswati, Sukmawati & Martin. (2020). Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar pada Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial, Vol.7, No.2, hal.198-205

Setiawan, Gede Danu. (2018). Efektivitas Model Konseling Behavioral Dengan Strategi Self-management Model Yates Dengan Model Cormier Terhadap Pengembangan Self Outonomy Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Pendidikan, Vol.5, No.1

Setiawan, A. D., & Mamahit, H. C. (2020). Hubungan antara kemampuan mengelola waktu dan prokrastinasi akademik siswa kelas VII SMP Kristoforus 1 Jelambar Tahun Ajaran 2018/2019: Jurnal Psiko Edukasi, Vol.18, No.2, hal.121-136.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta

Suryadi, Ilyas, Muhammad. (2017). Peilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Islam Terpadu (IT) Boarding School Abu Bakar. Yogyakarta: An-Nida', Vol.41, No.1

Suryanti, D, E., Annisa Parmawati, Abdul Muhid. (2021). Pentingnya Pendekatan Teknik Self-management dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19. Surabaya; Jurnal Ilmiah BK, Vol.4, No.2, hal.181-192

Swara, Hadei Yoga, Supardi, Padmi Dhyah Yulianti. (2020). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-management terhadap Prokrastinasi Akademik. Semarang: Journal of Educational Research and Review, Vol.3, No.1

Triyono., Khairi, A, M. (2018). Prokrastinasi Akademik Siswa SMA (Dampak Psikologis dan Solusi Pemecahannya dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam). Sukoharjo: Jurnal Al Qalam, Vol.19, No.2, hal.57-74

Wahyuningsih, Diana Dewi. 2020. Teknik Self-Management dalam Bingkai Konseling Cognitive Behavior untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Grobogan: CV.Sarnu Untung

Widyastari, Dewinta, Dini Atrizka, Beby Ramadhani, Devi S Damanik. (2020). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman. Medan: Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi, dan Kesehatan, Vol.1, No.2, hal.82-91.

Widyaningrum, Risma, Tanti, S. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMAIT Raflesia Depok. Diponegoro: Jurnal IKRA-ITH Humaniora Vol.5, No.2

Yuliani, Yovi. (2018). Program Studi Guru Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung. Bandung: Universitas Pasundan


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.