Application of the Socratic Dialogue Technique to Improve Junior High School Students' Problem Solving Ability

Fadilla Salsabila(1*), Muhammad Anas Malik(2), Nur Fadhilah Umar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


The aims of this study were: (1) To find out the description of the problem-solving ability level of class VIII students at SMP 16 Makassar. (2) Knowing the description of the implementation of the Socratic Dialogue technique on increasing the problem solving abilities of class VIII students at SMP Negeri 16 Makassar. (3) To find out whether the application of the Socratic Dialogue technique can improve the problem solving skills of class VIII students at SMP Negeri 16 Makassar. This research approach is quantitative with a true experiment research type and a pretest-posttest control group design. The population in this study were 48 students of class VIII and the sample in this study was 12 students of class VIII. The sampling technique in this study used Cluster Random Sampling. Data collection techniques used the Happner and Petersen problem solving scale and observation. Data analysis using descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results in this study indicate that: (1) The level of students' problem solving abilities before being given the Socratic Dialogue technique was in the low category, with an average result of 50.50 in the experimental group and 53.33 in the control group. (2) the application of the Socratic Dialogue technique was carried out according to the scenario with 3 meetings for the application of the technique and 1 meeting for filling out pretest questions.

Keywords


Problem Solving Ability; Socratic Dialogue

Full Text:

PDF

References


Ariyanto.J. 2020. Kemampuan argumentasi siswa: Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri terbimbing dipadu Dialog Socrates . Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Volume 6(1).

Atmojo.F. 2022. Tinjauan Filsafat Metode Dialog Socrates dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Volume 5.

Berliana.A. 2019. Pengaruh Penerapan Metode Socratic Seminars Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bukit Tinggi. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Budiarto.K. 2020. Hubungan Antara Kemampuan Problem Solving Dengan Resilensi Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Tesis. Program Studi Psikologi. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Citra.Y. 2020. Efektivitas Teknik Cinemateraphy Untuk Meningkatkan Empati Remaja di Desa Malela Kecamatan Suli. Skripsi. Palopo: Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Danawak.Y. 2022. Tinjauan Filsafat Metode Dialog Socrates dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika. ISSN 2613-9189.

Fikri. 2022. Pembentukan Karakter Sopan Santun Anak Usia 12-15 Tahun di RW 03 Desa Bedug Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Unnes Civic Education Journal. Volume 8 (1).

Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Mataram: CV. Pustaka Ilmu.

Helmon.A. 2020. Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah: Urgensi dan Penerapannya. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Volume 4(1).

Islami.C. 2021. Cognitive Constuktivism of Early Childhood Based on Jean Piaget’s Thinking. Journal of Education Teaching and Learning. Volume 1(1).

Ismah. 2021. Penerapan Metode Socrates Kontekstual untuk Meningkatkan Tingkat Berpikir Kritis Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan

Matematika dan Matematika. Volume 7 (1).

Karyanti. 2019. Teknik Creative Problem Solving. Yogyakarta: K-Media.

Kurniawan.N. (2021). Akseptabilitas Panduan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Nusantara Of Research. Volume 8(1).

Laelasari.N. 2020. Penerapan Teori Peaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa MTs Plus Karawangi. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 9(1).

Lestari.L. 2020. Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 9(2).

Maulidya.A. 2018. Berpikir dan Problem Solving. Jurnal pendidikan Bahasa dan Sastra Arab. Volume 4 (1).

Munawir. 2017. Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Round Tehnique untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 2 Balloci. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar: Makassar.

Mutmainnah.R. 2021. Penerapan Metode Socrates Kontekstual Untuk Meningkatkan Tingkat Berpikir Kritis Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 7 (1).

Nadila.P. 2021. Pentingnya Melatih Problem Solving Pada Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 21 (1).

Nurfazrina.S. 2020. Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia. Volume 4 (2)

Nurmutia.H. 2019. Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume 2(2).

Majdi.M. 2020. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Berbantuan Mind Mapping. Jurnal Bimbingan Konseling Islam & Kemasyarakatan. Volume 4 (2).

Pitorini.D. 2019. Kemampuan argumentasi siswa: Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri terbimbing dipadu Dialog Socrates . Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Volume 6 (1).

Rahayu.D. 2021. Interactive E-book to Improve Student's Problem Solving. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 5 (1).

Rahayu.Y. 2020. Menggunakan metode Sokratis untuk meningkatkan pengetahuan NAPZA mata pelajaran PJOK. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora. Volume 6 (1).

Rahmawati.D. 2020. Feasibility of material and media aspects of guidebook for group guidance implementation with the socratic method to increase anti-bullying awareness of middle school students. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Volume 8 (3).

Ramadhani.D. 2021. Kemampuan Problem Solving Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Permasalahan Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inofatif. Volume 4(5).

Ramli. M. 2021. Pengembangan Adventure Based Counseling untuk meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa. Jurnal Pendidikan. Volume 6 (8).

Romsih.O. 2019. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Problem Posing Ditinjau Dari Tahap Perkembangan Kognitif Siswa. Supremum Journal of Mathematics Education. Volume 3(1).

Savitri.N. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Kependidikan Betara. Volume 1(1), 20-26.

Setiawan.A, 2019. Keterbukaan Diri dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Psikologi. Volume 6 (1).

Suci.W. 2020. Pengaruh media pembelajaran terhadap Hasil Belajar Al-Islam di SMA Muhammadiyah 1 Gisting Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Metro: Institusi Agama Islam Negeri Metro.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryantono. B. 2019. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Socrates Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas VIII smp. Jurnal Epislon. Volume 2 (1).

Tumanggor.R. 2020. Hubungan Spiritual Well-Being dan Kecerdasan Emosi Pada Sikap Toleransi Bagi Kaum Remaja. Journal An-Nafsu. Volume 5 (2).

Untoro.V. 2019. Status Identitas dan Toleransi Beragama Pada Remaja. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. Volume 10 (1).


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.