Development of Narrative Counseling Daily Journal Media to Improve Academic Self-Efficacy of High School Students

Fadli Fajar(1*), Abdullah Sinring(2), Nur Fadhilah Umar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


The purpose of this study was to find out: (1) Explain and describe the process of developing narrative counseling daily journal media to improve students' academic self-efficacy at UPT SMA Negeri 13 Bone, (2) Explain and describe the results of developing narrative counseling daily journal media to increase efficacy. academic self of students at UPT SMA Negeri 13 Bone. Data collection techniques used in this study were questionnaires and documentation. The data analysis technique used is qualitative and descriptive statistical data analysis. The results showed that (1) According to the counseling teacher, students need counseling services in the form of media to make it easier for students to know themselves and know the problems they are experiencing, but the school does not yet have appropriate counseling services. (2) The daily journal media is made using the Canva application which consists of a cover, initial page, student biodata, academic self-efficacy material, a book module developed based on narrative counseling steps, and let's talk about school assignments and daily activities as well as quotes. (3) Material expert validation scores 43 percentages of 89.5% with very valid qualifications, media validation scores 60 percentages of 83% with very valid qualifications and practitioner test scores 57 percentages of 89% with good qualifications. The daily journal media development assessment questionnaire has a total score of 468 with a percentage of 88%.

Keywords


Academic Self-Efficacy; Narrative Counseling; Daily Journal

Full Text:

PDF

References


Adhelia Miranda Sikumbang, A. (2021). Hubungan Antara Ksecerdasan Emosional Dengan Efikasi Diri Akademik Pada Mahasiswa Semester Akahir Dalam Menyelesaikan Skripsi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Agustina, F. (2019). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Regulasi Diri Dengan Prestasi Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir UIN Raden Intan Lampung Skripsi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Ardiansyah, L., & Pravesti, C. A. (2021). Pengembangan Media Permainan Monobiling Dalam Efikasi Diri Akademik Siswa Di SMA Negeri 15 Surabaya. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian UniversitasNusantara PGRI Kediri, 8(1), 14-24.

Arma, I. M. (2019). Penerapan Teknik Narrative Counseling Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Siswa Di Depan Kelas Di SMA Negeri 6 Pinrang. Universitas Negeri Makassar.

Azizah, A. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Naratif. Jurnal BK Unesa, 7(2).

Corey, G. (2012). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy.

CengageLearning. Damayanti, O. (2020). Penerapan Konseling Naratif Menggunakan Penilaian Imcs (Innovative Moments Coding System) dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking pada Mahasiswa di Uin Raden Intan Lampung. Dissertation. UIN Raden Intan Lampung.

Dewi, F. R. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Behavioral Contract Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas XI SMK SMTI BandarLampung Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).h

Erlina, L. (2020). Efikasi Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Mobilisasi Pasien.

Fuadillah, M. F. (2019). Konseling Islam Dengan Terapi Naratif Dalam Mengatasi Konsep Diri Negatif Seorang Siswi Smp Islam Tanwirul Afkar Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Hidayah, W. (2018). Peningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan melalui BukuHarian Bergambar Siswa Kelas II B SD Timbulharjo Sewon Bantul. Didaktika: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2),

Kanto, K. 2015. Prinsip-Prinsip Bimbingan dan Konseling Belajar.Makassar: Badan Penerbitn UNM

Khoiriyyah, A., & Ediati, A. (2015). Pengaruh buku harian untuk meningkatkan kepatuhan pada pasien hipertensi: studi kuasi eksperimen pada pasienhipertensi. Jurnal Empati, 4(1), 35-42.

Mutiah, M., Yaya, Y., & Effendi, D. I. (2019). Pengaruh Konseling Naratif terhadapPembentukan Konsep Diri Siswa MAN Indramayu. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 7(4), 442.

Nurhaeni, N. (2019). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Mengarang Melalui Pembiasaan Menulis Buku Harian Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Mawasir Padang Kalua Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu (Doctoral Dissertation Institut Agama Islam Negeri Palopo, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Pandang, A., & Umar, N. F. (2021). The Need Analysis of Peer Counseling Program to Enhance Self-Efficacy to be a Counsellor. In International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).

Permana, A. W. U. (2019). Konseling Terapi Naratif dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Seorang Mahasiswa Putus Asa Mengerjakan TugasAkhir Di UIN Sunan Ampel Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Prihastyanti, I., & Sawitri, D. R. (2020). Dukungan guru dan efikasi diri akademikpada siswa SMA Semesta Semarang. Jurnal Empati, 7(3), 867-880.

Rachmawati, F., & Budiningsih, T. E. (2017). Hubungan antara berpikir positif dengan efikasi diri akademik pada mahasiswa yang sedang menyusunskripsi. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 7(1), 14-17.

Rani, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Metacognitive Skill Peserta Didik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Ricks, L., Kitchens, S., Goodrich, T., & Hancock, E. (2014). My Story: The Use Of Narrative Therapy In Individual And Group Counseling. Journal Of Creativity In Mental Health, 9(1), 99-110.

Roberts, A. R., & Gilbert, J. (2009). Buku Pintar Pekerja Sosial. BPK

Sari, W. J., Purwanto, E., & Japar, M. (2017). Konseling Naratif untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 44- 48.

Setiyono, N. (2018). Tingkat Efikasi Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama dan Implikasi Terhadap Penyusunan Topik-Topik Bimbingan Peningkatan Efikasi Diri. Yogyakarta. Skripsi Universitas Sanata Dharma.

Silmi, S. (2014). Penerapan Konseling Naratif untuk Meningkatkan Self- efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas di SMP Negeri 3 Polewali Kab. Polman Tahun 2014. (Dibimbing oleh Farida Aryani, dan Abdullah Pandang) (Doctoral dissertation, universitas negeri makassar).

Slamet, F. A. The Implementation of Narrative Counseling In Improving The Confidence of Ma Attaraqqie Students In Malang City: Penerapan Konseling Naratif Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Ma Attaraqqie Kota Malang. Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang, 3(1), 44-45.

Titus, L. (2018). Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Efikasi Diri Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Viki, Z. (2019). Implementasi konseling Islam dengan terapi Naratif untuk menangani konsep diri negatif seorang remaja di Panti Asuhan BabussalamJemur Wonosari Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Wijaya, B. D. Pengaruh efikasi diri akademik, resiliensi, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik mahasantri UIN Walisongo Semarang.

Zu'ma, A. R. (2021). Integrasi Konseling Narrative Therapy dan Terapi Syukur untuk membangun kebahagiaan remaja di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Panggungrejo, Pasuruan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Apriyanto, Ardian, Muammar. (2015). Fenomena Stres Belajar Peserta Didik SMK Muhammadiyah Moyudan. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Aryani,Farida.(2016). Stres Belajar. Edukasi Mitra Grafika.

Azmy, Noerul, Army.,dkk (2017). Deskripsi gejala stres akademik dan kecenderungan pilihan strategi koping siswa berbakat. Indonesian Journal Of Counseling Volume 1, No. 2, Juli 2017: Page 197-208.

Bariyyah, Khairul., Hasti dkk., (2018). Konseling Realita untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Konselor Volume 7 Number 1 2018.

Barseli, Mufadhal., Ifdil., Nikmarijal.(2018). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan.

Corey, Gerald. (2005). Teori lengkap Psikologi. Penerjemahan Oleh Kartono, Kartini. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Ikafitri,Artha,Nur.,(2018). Pendekatan Konseling realitas Untuk mengubah Konsep Diri Negatif siswa Brokem Home di SMP Negeri 1 Ulu Ere Kab.Bataeng. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimibingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Jusman.(2017). Penerapan Tehnik Konseling Realitas dalam Konseling Kelompok untuk meningkatkan harga diri siswa di MAN Enrekang. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimibingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Mulawarman.,Arifuddin,dkk.(2020).Konseling Kelompok Pendekatan Realita Pilihan dan Tanggung Jawab.Jakarta : Kencana.

Mustakimah.(2017). Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Realitas Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang.

Novalina, S. D. (2017). Efektivitas Konseling Realitas untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 7(2), 99-104.

Nurmaliyah, Faridah . (2014). Menurunkan Stres Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction. Jurnal Pendidikan Humaniora Vol. 2 No. 3, Hal 273-282.

Permata,Putri.(2018). Pengembangan Media “ITTR” ( IT’s Time To Relaxs ) sebagai latihan relaksasi untuk menurunkan stres belajar siswa di SMAN 3 Sidoarjo. Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Persada,Dita,Ella.,(2018). Efektivitas Konseling Kelompok dengan tehnik Realita untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri raden lampung.

Prayitno, B. A., & Sugiharto, B. (2016). Keefektivan Integrasi Sintaks Inkuiri Terbimbing Dan Stad (Instad) Untuk Memperkecil Kesenjangan Keterampilan Metakognisi Siswa Akademik Atas Dan Bawah. Inferensi, 9(2), 305–328.

Rahmawati, W. K. 2017. Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menangani Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Indonesia, 2(1 Oktober).

Sayekti, E. 2017. Efektifitas Teknik Self-Instruction dalam Mereduksi Stress Akademik pada Siswa Kelas XI MA YAROBI Kec. Grobogan, Kab. Grobogan Tahun 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).

Sinring, A,dkk.(2016). Panduan Penulisan Skripsi ( Proposal Skripsi,Skripsi, dan Karya Ilmiah). Makassar : FIP UNM

Sugiyono. (2011).Metode penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sulistyowati, W & warsito, H. (2010). Penerapan Konseling Realita untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa. Jurnal Psikologi. Surabaya : BK FIP UNESA,7(3),1-18.

Susanti, R. (2016). Efektifitas Konseling realitas untuk peningkatan regulasi diri mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Jurnal Psikologi, 11(2), 88-93.

Susanti,Tri. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Realita Terhadap Kejenuhan Belajar Sisea di Kelas XI MAN 1 Langkat. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143-150.

Wardi, R., & Ifdil, I. (2016). Stress Conditions In Students Completing Thesis. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 6(2), 190-194.

Widodo, B. (2011). Keefektivan konseling kelompok realitas mengatasi persoalan perilaku disiplin siswa di sekolah. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 35(01), 87-112.

Widodo, Prabowo.P,Dkk, 2011, Pemodelan Sistem Berorientasi Obyek Dengan UML, Graha ilmu, Yogyakarta.

Widyastuti, Y. (2014). Psikologi Sosial. Yogyakarta : Graha Ilmu.


Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.