Students' Online Game Addiction and Its Handling During the Pandemic Era: A Case Study of High School Students in Bone District
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif.
Apriani R, dkk. (2020). Social Intelligence, Love, Self-Regulation Pada Remaja yang Adiksi Game Online Jenisp Agresif dan Non-Agresif. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan. Vol. 5, No. 1 (2020), Hal. 39
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).
Diana, P. Z., Wirawati, & D, Rosalia, S. (2020). Blended learning dalam pembentukan kemandirian belajar. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Vol. 9(1), 16-22, 2020.
Gie. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self Management Terhadap Pola Hidup Bersih Dan Sehat Siswa Di Kelas VII Smp Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2016/2017. Jurnal BK Unesa Vol. 10(2).
Hayadi, N. B. (2021). Perilaku menyimpang remaja yang kecanduan game online di rt 49 kelurahan sidodadi.
Kustiawan, A. A., Or, M., Utomo, A. W. B., & Or, M. (2019). Jangan Suka Game Online: Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. CV. AE MEDIA GRAFIKA
Kusumawati, Rosi, Irna A, Yolivia., & Molina, Yosi. (2017). Perbedaan Tingkat Kecanduan (Adiksi) Games Online Pada Remaja Ditinjau Dari Gaya Pengasuhan. Journal psikologi, 89.
Lestari, F. A., Nawantara, R. D., & Setyawati, S. P. (2021). Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 1, 157-165.
Mala, S. B. I. (2022). Teknik self management untuk menangani kecanduan aplikasi Tik Tok pada seorang remaja di Desa Sumberjo Kediri (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Mardiana, M. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Meminimalisir Kecanduan Game Online Pada Siswa Di Man 2 Sinjai (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai).
Pratiwi, S. N., Wastuti, S. N. Y., & Jamila, J. (2021). Self Management in Improving the Quality of Lecturers. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(3), 247-253.
Purandina1, I. P. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga. Vol. 3(2),
Lestari, F. A., Nawantara, R. D., & Setyawati, S. P. (2021). Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 1, 157-165.
Mala, S. B. I. (2022). Teknik self management untuk menangani kecanduan aplikasi Tik Tok pada seorang remaja di Desa Sumberjo Kediri (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Mardiana, M. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Meminimalisir Kecanduan Game Online Pada Siswa Di Man 2 Sinjai (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai).
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Pratiwi, S. N., Wastuti, S. N. Y., & Jamila, J. (2021). Self Management in Improving the Quality of Lecturers. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(3), 247-253.
Purandina1, I. P. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga. Vol. 3(2), 270-290,2020
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Pratiwi, S. N., Wastuti, S. N. Y., & Jamila, J. (2021). Self Management in Improving the Quality of Lecturers. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(3), 247-253.
Purandina1, I. P. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga. Vol. 3(2), 270-290,2020
Putri, O. D. (2019). Hubungan Antara Ketrampilan Sosial Dengan Kecanduan Game Online Pada Generasi Z Di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).
Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini: Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, Dan Praktisi Paud. Edu Publisher.
Rizai, M. (2021). Konseling Kelompok Dengan Teknik Biblioterapi Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Anak: Sebuah Kajian Literatur [Group Counseling With Bibliotherapy Techniques To Reduce Online Game Addiction In Children: A Literature Review]. Journal Of Contemporary Islamic Counselling, 1(2).
Romawati, S. A., Zalfa, K., & Sholikhah, L. D. (2021). Efektivitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Santri. Cermin: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 2(1), 11-20.
Sandya, S. N., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. dalam Jurnal Imiah Psikologi, 9(1).
Sandy, T.A., & Hidayat, W. N. (2019). Game mobile learning. Malang: Multi- media Edukasi.
Savitri, N. (2022). Komunikasi Interpersonal Korban Broken Home Terhadap Teman Sebaya (Studi Kasus Pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 5(2), 155-165.
Sekretaris Kabinet Republik Indonesia. 2020. Dasar Hukum Penanganan COVID-19. Laman Sekretaris Kabinet Republik Indonesia.
Setiawan, M. A. (2018). Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi).
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. Nilacakra.
Trisnani P,R & Wardani, Y, S. (2018). Stop Kecanduan Game Online. Madiun Jawa Timur: Universitas PGRI Madiun
Zakiah, I., Ritanti, N., Kep, M., & Kom, S. K. (2021). Kecanduan Game Online Pada Remaja Dan Penanganannya. Media Sains Indonesia
Article Metrics
Abstract view : 98 times | PDF view : 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.