Analysis of Student Stres Behavior During the COVID-19 Pandemic: A Case Study of Junior High School Students
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin. A. A. 2018. Meminimalisir Stres Belajar siswa melalui Teknik Mediasi Hening. Jurnal. Vol. 02. No. 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Khairun
Aryani. Farida. 2016. Stres Belajar Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseli Sulawesi Tengah: Edukasi Mitra Grafika.
Azmy. A. N, Nurihsan. J. A. dan Yudha. S. E. 2017 Deskripsi Gejala Stres Akademik dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping siswa Berbakat. Jurnal. Vol. 1. No. 2. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia
Barseli. M, Ahmad. R dan Ifdil. I. 2018. Hubungan Stres Akademik Siswa dengan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan. Vol. 1. No. 1. Universitas Putra Indonesia YPTK Padang dan Universitas Negeri Padang.
Ellis, A. dkk. 2018. The Practice of Rational Emotive Behavior Therapy. New York; Springer Publishing Company.
Erford, B. T. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pusat Pelajar.
Fadillah. Rina. E. A. 2013. Stres dan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Psikologi Universitas Mulawarman yang sedang Menyusun Skripsi. Jurnal. Vol. 1. No. 3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman Samarinda.
Gaol Lumban, T. N. 2016. TEORI Stres: Stimulus, Respon, dan Transaksional. Jurnal. Vol. 24. No. 1. Psikologi. Nation Taiwan Ocean University
Hasibun. Daniel. T. M. 2019. Hubungan Stres Belajar dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa yang Menjalani Pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Murni Teguh. Jurnal. Vol. 2. No. 1. Program Studi Ilmu Keperawatan. STIKES Murni Teguh.
Karneli. Yeni, dkk. 2019. Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif Perilaku untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa. Jurnal. Vol. 4. No. 2. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang
Kurniawati, Fitria. 2015. Perbedaan Stres Belajar siswa dengan Pembelajaran Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 di SMA Kabupaten Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Nomor 4. Tahun 2020. 24 Maret 2020. Jakarta.
Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitiative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohindi, UI-Press.
Nurcahyani, I dan Fauzan, L. 2016. Efektivitas Teknik Relaksasi dalam Konseling Kelompok Behavioral untuk Menurunkan Stres Belajar siswa SMA. Jurnal. Vol. 1. No. 1. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang.
Nursalim. Muh. 2013. Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia Permata.
Nurmaliyah. Faridah. 2014. Menurunkan Stres Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self-Intruction. Jurnal Pendidikan Humaniora. Vol. 2. No. 3. Konselor SMA Laboratorium UM.
Rahmi, Nuzulul. 2013. Hubungan Tingkat Stres dengan Prestasi Belajar Mahasiswa tingkat II Prodi D-III Kebidanan Banda Aceh Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes NAD TA 2011/2012. Jurnal. Vol. 2. No. 1. Stikkes U’ Budiyah Banda Aceh.
Sadikin, A dan Hamida, A 2020. Pembelajaran Dari di Tengan wabah Covid-19. Jurnal. Vol. 6. No. 2. Ilmiah Pendidikan Biologi. FKIP Universitas Jambi.
Sanyata, S. 2012. Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioral dalam Konseling. Jurnal Paradigma. Vol. VII. No. 14 (Juli 2012), Hal. 1-11
Satgas-Covid-19. November. 2020. https://www.covid19.go.id/
Sugiono. 2012. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tajiri, H. 2012. Model Konseling Kognitif-Perilaku untuk Meningkatkan Kemampuan Kontrol Diri Perilaku Seksual Remaka (Studi Terhadap Siswa MAN Ciparay dan MAS Al-Mukhlisin Bojongsoang Kabupaten Bandung). Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Purwoto, A. dkk. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal of Education Psychology and Counseling. Vol. 02. No. 01. Universitas Pelita Harapan.
Yaqoub, A.M., dan Arjadi, R. 2017. Stres Management. Laporan Penelitian. Perhimpunan Pelajar Indonesia Groningen.
Article Metrics
Abstract view : 73 times | PDF view : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.