The Effect of Service Quality on Community Satisfaction at the Padang Loang Village Office in Bulukumba Regency

Jannatul Ma’wa(1*), Muh. Ichwan Musa(2), Muh. Ilham Wardhana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Service is an activity carried out by several people to meet their needs and interests. Realizing the welfare of the community, one of which is through good service, is the duty and function of the government. The purpose of this study was to determine the effect of service quality on community statisfaction at the Padang Loang Village office, Bulukumba regency. The population in study were 2753 people and a sample of 100 people using Slovin’s formula. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. Sources of data used are primary data and secondary data. The analytical method used is simple regression analysis with SPSS (Statistical Product and Service Solutions) tools.  The result showed that service quality had a positive and significant effect on community satisfaction with a t-value of 3.256 wich was greater than t-table of 1.660 or (3.256>1.660) with a significance less than (0.002<0.05) at the Village office Padang Loang, Bulukumba Regency.

Keywords


Service Quality; Community Statisfaction

Full Text:

PDF

References


Abbas, S. H. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi Swadaya Masyarakat terhadap Kepuasan Anggota di Desa Pattontongang Kabupaten Maros. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Bungin, B. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi kedua (Cetakan ke-8). Jakarta: Prenadamedia Group.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS Update PLS Regresi Edisi 7. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hayani. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kelurahan Mangasa Kota Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hermawan, W., Dedi, B., & Parulian, H. (2016). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan dalam Pendaftaran Tanah Pertama Kali pada Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu Keluarga & Konseling. 9(1). 65-75.

Indrawan, R. & Poppy. Y. (2017). Metode Penelitian (Cetakan ke-3). Bandung: PT Refika Aditama.

Lakmi, A. R. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat pada Rumah Sakit Umum Daerah Badung. E-jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Moenir, H.A.S. (2015). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia Edisi 1 (Cetakan ke-11). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mumtazquilla, A.D. (2020). Pengaruh SOP terhadap Kualitas Pelayanan dan Kinerja Perusahaan Studi pada Mitra Go-jek Paguyuban Lempuyangan Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia.

Mutmainna.A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pengguna BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai Kabupaten Sinjai. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Nazir, M. (2017). Metode Penelitian (Cetakan ke-11). Bogor: Ghalia Indonesia.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Putra, D. G., Ratih, N. P. & Trisnawati. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat (studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Blitar). Jurnal Administrasi Publik (JAP). 3(12). 2118-2122.

Rifqi, N. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Shine Professional Car Wash di Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Jogjakarta: Penerbit Deepublish

Samosir, Z. Z. (2005). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi. 1(1). 28-36.

Sari, V. F. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Akademik. At-tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. 5(1). 42-49. Doi: http://dY.doi.org/10.24127/att.v5i01.1503

Sinaga, J. O., & Rahmat, H. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di Kecamatan Nongsa Kota Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 4(1). 7-14.

Siregar, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS (Cetakan ke-4). Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sudibyo, A. R. (2014). Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di RSIA Srikandi Ibi Jember Tahun 2014. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukri, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Unit Pelayanan Terpadu terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Pangkep. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Susila, L.N. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kantor Kelurahan terhadap Kepuasan Masyarakat Kelurahan Jagalan Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Jurnal of Rural and Development. 1(1). 63-72.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tamara, N. I. E., Lisbeth, M., & Christoffel. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Kawangkoang Bawah Kecamatan Amurang Barat di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA. 6(4), 3523—3532.

Ulumudin, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik. 4(1). 1-6.

Wijayanto, K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. 17(1), 38-45.


Article Metrics

Abstract view : 149 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.