Hubungan Citra Merek Dengan Intensi Membeli Kosmetik Produk Wardah Pada Perempuan Di Kota Makassar

Nursakina Syahrir(1*), Resekiani Mas Bakar(2), Andi Nasrawaty(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan citra merek dengan intensi membeli produk kosmetik Wardah pada wanita di Kota Makassar. Partisipan dalam penelitian ini adalah 60 orang wanita yang pernah membeli produk kosmetik Wardah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala citra merek dan intensi membeli. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Spearman’s Rho. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai signifikan p= 0,000 dimana (p˂0,005) yang berarti ada hubungan antara citra merek dengan intensi membeli produk kosmetik Wardah pada wanita di kota Makassar. Semakin positif citra merek maka semakin tinggi pula intensi untuk membeli produk kosmetik Wardah. Semakin negatif citra merek maka semakin rendah intensi membeli produk kosmetik Wardah. Implikasi dari penelitian ini ditujukan pada industri kosmetik perawatan kulit. Diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengelolaan bisnis dengan mengoptimalkan penggunaan citra merek dalam meningkatkan intensi membeli konsumen.

 

Kata Kunci: Citra merek, Intensi membeli, Kosmetik


Full Text:

PDF

References


Aghekyan-Simonian, M., Forsythe, S., Kwon, W. S., & Chattaram, V. (2012). The role of product brand image and online store image on perceived risks and online purchase intentions for apparel. Journal of retailing and consumer services, 19.325-331.

Ajzen, I., 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179 – 211

Auda,R.Z.(2009). Pengaruh citra merek terhadap intensi membeli. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Calvo, P .C., & Lang, M.F.(2015).Private labels: The role of manufacturer identification, brand loyalty and image on purchase intention.British food Journal,117(2),506-522.

Chiang, Chun-Fang.,& Jang, Soo,H,C. (2006). The effect of perceived price and brand image, on value and purchase intention: leisure traveler’s attitudes toward online hotel booking. Journal of Hospitality & Leisure Marketing, 15(3),49-69.

Chihab,Z.O.,& Benhabib,A.(2016).Factors affecting consumer purchase intention of luxury perfumes in algeria: A case study of costumers in the twin cities of tlemcean and sidi bel abbes. Journal of research in marketing,6.3:461-467

Harly,G.S.,& Octavia,D.(2014). Pengaruh endorsement fashion blogger terhadap minat beli local pada tahun 2013 – 2014. E – Journal managemen Indonesia, Managemen Bisnis, Telekomunikasi dan Informatika Universitas Telkom Vol.14 No.2 Halaman 140 – 152.

Hartanto,R.A.(2016). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian smartphone Lenovo di kota semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Haryanto,J.O.,& Eka S.N.(2009).Pengaruh celebrity endorser, brand association, brand personality dan product characteristics dalam menciptakan intensi pembelian. Jurnal of business strategy and execution,104-125,36-51.

Hendrayadi & Purnamasari,D.(2018). Model hubungan citra merek, persepsi kualitas, harga dan intensi pembelian konsumen. Jurnal STEI Ekonomi, 27(01).

Jalilvand,M,R.,& Samiei,N.(2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning,30(4),460-476.

Keller, K.L.,(2013). Strategi brand management building, measuring, and managing brand equity fourth edition. England: Pearson Education Limited.

Keller, K.L. (1993). Conceptualizing,Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. Journal of Marketing. 57(1),1-22.

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2015). Indonesia lahan subur kosmetik.(online). Tersedia:http//kemenperin.go.id/artikel/5897/Indonesia-Lahan-Subur-Industri-Kosmetik Di akses pada tanggal 24 Juni 2020.

Kotler,Philip.,&Kevin,L,K.(2009). Manajemen pemasaran. Edisi 13 jilid satu. Erlangga:Jakarta.

Melita.(2010). Motivasi berbelanja di mall, studi eksploratif pada konsumen yogyakarta. Skripsi. Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Peter, J,P.,& Olson,J,C.(2010). Consumer behavior & marketing strategy 9th Ed. McGraw-Hill.

Purwaningtyas, D,A.,& Mujiasih, E. (2015). Hubungan antara citra merek (brand image) dengan intensi membeli telepon seluler merek local ”X” pada siswa kelas X dan XI SMA Negeri 3 Semarang. Jurnal Empati. Fakultas Psikologi. Universitas Diponegoro, 4(1), 69-67.

Resmawa, I,N. (2017). Pengaruh brand image dan product knowledge terhadap purchase intention dengan green price sebagai moderating varabel pada produk the Body Shop di Surabaya. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 1(2), ISSN 2541-1438.

Ryu, K., Han, H., & Kim,T.H.(2008). The relationships among overall quick-casual restaurant image, perceived value, customer satisfaction, and behavioral intentions. International Journal of Hospitality Management, 27(3),459-469.

Schiffman, Leon & Leslie, L, Kanuk.(2008). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Diterjemahkan oleh: Zoelkifli Kasip. Jakarta: Indeks.


Article Metrics

Abstract view : 180 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.