Pengaruh Perceived Social Support terhadap Tingkat Kecemasan Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa di Kota Makassar

Ana Fitriana(1*), Sitti Murdiana(2), Faradillah Firdaus Firdaus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tantangan dan hambatan yang dialami oleh mahasiswa selama mengerjakan skripsi dapat menimbulkan kecemasan. Faktor yang kemungkinan dapat mempengaruhi tingkat kecemasan mengerjakan skripsi adalah perceived social support. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Perceived Social Support terhadap tingkat kecemasan mengerjakan skripsi pada mahasiswa di Kota Makassar. Partisipan pada penelitian ini merupakan mahasiswa aktif sebanyak 432 dari delapan perguruan tinggi di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa skala yang diadaptasi dari Multidimentional Scale Perceived Social Support (MSPSS) dan sub skala kecemasan yang didapatsi dari skala Depression Anxiety Stress Scale (DASS-A). Penelitian ini diuji dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh negatif antara perceived social support terhadap tingkat kecemasan mengerjakan skripsi pada mahasiswa di Kota Makassar (p=0,027,r=-0,107). Penelitian ini menggambarkan bahwa perceived social support memberikan kontribusi sebesar 0.011 (1,1%) terhadap tingkat kecemasan mengerjakan skripsi sedangkan 98,9% disebabkan oleh faktor lain yang tidak terlibat dalam penelitian ini. Faktor yang kemungkinan dapat mempengaruhi yaitu keadaan internal seperti tipe kepribadian, konsep diri, kepercayaan diri, dan lingkungan kampus.   

 

Kata Kunci: kecemasan mengerjakan skripsi, mahasiswa, perceived social support.


Full Text:

PDF

References


Adyani, L., Suzanna, E., Safuwan, S., & Muryali, M. (2018). Perceived social support and psychological well-being among interstate students at Malikussaleh University. Indigenous: Journal Ilmial Psikologi, 3(2). 92-104 https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i2.6591.

Brannon, L., & Feist, J. (2010). Health psychology: An introducting to behaviora and health. California: Belmon.

Bryner, D., & Baron, R. A. (2005). Psikologi sosial (edisi kesepuluh). Jakarta: Erlangga.

Huberty, T. J. (2012). Anxiety and depression in children and adolescents. New York: Springer.

Indraswari, D. (2020). Tentang toxic positivity dan dampaknya pada kesehatan mental kita. www.whiteboardjournal.com (retrieved 02 December 2020)

Karademas, E. C. (2006). Self-efficacy, social support and well-being. The mediating role of optimism. Personality and Individual Differences, 40(6), 1281–1290. https://doi.org/10.1016/j.paid.2005.10.019.

Liu, L., Pang, R., Sun, W., Wu, M., Lu, C., & Wang, L. (2013). Functional social support, psychological capital, and depressive and anxiety symptoms among people living with HIV/AIDS employed full-time. BMC Psychiatry, 13(324), 1-10.

Ningrum, M. J. S., & Sukmayanti, L. M. D. (2014). Persepsi dukungan sosial dan kemampuan komunikasi interpersonal pada pasien tuberculosis paru di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, Hal: 41-51, ISSN: 2354-5607.

Purnomo, M. A., (2009). Kecemasan Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang Dan Upaya Solusinya (Tinjauan Bimbingan Dan Konseling Islam). http://eprints.walisongo.ac.id/3599 /. Skripsi. Retrieved January 29, 2017 at 19:16.

Ramaiah, S. (2003). Kecemasan: bagaimana mengatasi penyebabnya. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Rokhmatika, L., & Darminto, E. (2013). Hubungan antara persepsi terhadap dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas unggulan. Journal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 1 (1), 149-157.

Sarafino, P. E. & Smith , W, T. (2011). Health psychology; biopsychology interaction. New Jersey: John Willey;Sons.

Stuart, G. W. (2013). Principles and practice of psychiatric nursing (10th ed.). Charleston: Elsevier.

Widarto. (2017). Faktor penghambat studi mahasiswa yang tidak lulus tepat waktu di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Jurnal DInamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 127-138. ISSN: 2548-7590.

Zimet, G.D., Dahlem, N.W., Zimet, S.G., & Farlet, G.K. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment, 41(7), 1141-1152.


Article Metrics

Abstract view : 793 times | PDF view : 583 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.