Pengaruh Cognitive Effort Terhadap Cognitive Dissonance Pasca Pembelian Online

Sri Wahyuni(1*), Lukman Lukman(2), Nurfitriany Fakhri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pada umumnya mahasiswa sering melakukan pembelian online produk fashion, mahasiswa yang melakukan pembelian online cenderung mengalami cognitive dissonance pasca pembelian, cognitive dissonance pasca pembelian dapat terjadi karena pembelian online membutuhkan usaha pencarian informasi terhadap suatu produk sebelum memutuskan untuk membeli (cognitive effort). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh cognitive effort terhadap cognitive dissonance pasca pembelian online pada mahasiswa di kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 133 mahasiswa berjenis kelamin perempuan. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi ordinal dengan bantuan aplikasi SPSS 24,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai (r =-,275, p = 0,388), hal ini berarti bahwa  tidak ada pengaruh antara cognitive effort terhadap cognitive dissonance pasca pembelian online pada mahasiswa di kota Makassar.

 

Kata Kunci: Cognitive Dissonance Pasca Pembelian, Cognitive Effort, Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Alba, J., Lynch, J., Weitz, B., Janiszewski, C., Lutz, R., Sawyer, A., & Wood, S. (1997). Interactive home shopping: consumer, retailer, and manufacturer incentives to participate in electronic marketplaces. Journal of marketing, 61(3), 38–53.

Bettman, J. R., Luce, M. F., & Payne, J. W. (1998). Constructive consumer choice processes. Journal of consumer research, 25(3), 187–217.

Darley, W. K., & Smith, R. E. (1995). Gender differences in information processing strategies: An empirical test of the selectivity model in advertising response. Journal of advertising, 24(1), 41–56.

Haqiqi, O. R., & Putra, Y. Y. (2019). Hubungan Persepsi kualitas produk dengan postpurchase dissonance pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 4, 1–11.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 1–21.

Hawkins, D. I., Mothersbaugh, D. L., & Best, R. J. (2007). Consumer behavior: Building marketing strategy. Mc Graw Hill.

Hoyer, W. D., & Maclnnis, D. J. (2010). Consumer Behavior. Cengage Learning.

Kim, M., & Lennon, S. J. (2009). Television shopping for apparel in the United States: Effects of perceived amount of information on perceived risks and purchase intentions. Family and Consumer Sciences Research Journal, 28(3), 301–331.

Koller, M., Salzberger, T., & Streif, G. (2008). Cognitive dissonance in retail versus e-commerce first findings and implication (online). http://www.anzmac2008.org/proceeding/PDF/S05/Koller Salzberger & Streif S9 PS P1.pdf

Levin, A. M., Levin, I. P., & Weller, J. A. (2005). A multi-attribute analysis of preferences for online and offline shopping: Differences across products, consumers, and shopping stages. Journal of Electronic Commerce Research, 6(4), 281–290.

Loudon, D. L., & Bitta, A. J. (1993). Consumer behavior: Concepts and aplications. McGraw Hill.

Martin, E. . (1994). Measures of cognitive effort. Journal of Marketing Letters, 5(1), 43–56.

Nurhayati. (2017). Belanja “Online” Sebagai Cara Belanja di Kalangan Mahasiswa (Studi Kajian Budaya Di Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh). Aceh Anthropological Journal, 1(2), 1–22.

Nurmadina. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara online. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. (diterbitkan).

Pandey, A. C., & Jamwal, M. (2015). Realizing the impact of cognitive dissonance in predicting consumer behaviour. Journal of Social Sciences, USA, 5(2), 3–7.

Park, J., Hill, W. T., & Bonds-Raacke, J. (2015). Exploring the relationship between cognitive effort exertion and regret in online vs. offline shopping. Computers in Human Behavior, 49, 444–450.

Riyanto, Y., Lumanto, R., & Meiningsih, S. (2013). Potret belanja online di Indonesia. KOMINFO.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (1999). Consumer behavior. Prentice Hall.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sweeney, J. C., Hausknecht, D., & Soutar, G. N. (2000). Cognitive dissonance after purchase: A multidimensional scale. Psychology & Marketing, 17(5), 369–385.

Turban, E., King, D., Lee, J., Liang, T. P., & Turban, D. C. (2015). Electronic commerce: A managerial perspective. Pearson Prentice Hall.

Wijaya, M., & Jasfar, F. (2014). Pengaruh rancangan situs, harga, kepercayaan dan keamanan terhadap pembelian produk fashion melalui online shopping. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 7(2), 31–62.

Zeelenberg, M. (1999). Anticipated regret, expected feedback and behavioral decision making. Journal of behavioral decision making, 12(2), 93–106.


Article Metrics

Abstract view : 115 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.