Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Konformitas Remaja Pengguna Narkoba Di Kota Makassar

Muhammad Rahmat Fahreza(1*), Muhammad Daud(2), Kurniati Zainuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Remaja sangatlah rentan dalam melakukan konformitas pada kelompoknya sebab remaja mencoba mencari identitas diri di luar dari lingkungan keluarganya, sehingga penting orang tua dalam mengambil peran untuk menerapkan pola asuh yang tepat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui sejauh mana pola asuh orang tua mempunyai pengaruh terhadap konformitas remaja dalam kasus penggunaan narkoba. Partisipan dalam penelitian ini adalah residen balai BNN Baddoka Kota Makassar yang berjumlah 15 orang yang berada pada rentang usia 10-24 tahun. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan skala likert, di mana kedua skala diadaptasi dari peneliti sebelumnya. Dalam penelitian menggunakan metode analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari ketiga pola asuh orang tua yaitu pola asuh demokratis, otoriter, dan permisif, terhadap perilaku konformitas pada remaja dalam menggunakan narkoba sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima. Dalam penelitian ini juga didapatkan hasil bahwa nilai koefisien variabel sebesar 0,403 atau dapat juga dikatakan bahwa pengaruh pola asuh terhadap konformitas sebanyak 40,3% dan sebanyak 59,7 % faktor lain yang dapat memengaruhi selain kedua faktor yang diteliti.

 

Kata Kunci: Konformitas, Pola asuh Orangtua, Remaja.


Full Text:

PDF

References


Aini, K & Rangkuti, A. A. (2014). Pengambilan Keputusan Untuk Memakai Narkoba Pada Dewasa Awal Yang Pernah Menempuh Pendidikan Di Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi. 3 (1), 13- 17.

Armiyati, D. P., Asfriyati & Arma, A. J. A. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Seksual Pada Remaja Di Desa Bangun Rejo Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serang. Hal 1-8.

Arnada, A. B. (2014). Hubungan Antara Perilaku Konformitas Dengan Perilaku Delinkuen Pada Remaja Sma Negeri 1 Polanharjo. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Astuti, M. (2011). Anak Berhadapan Dengan Hukum Ditinjau Dari Pola Asuhnya Dalam Keluarga (Studi Kasus di Provinsi Sumatera Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Nusa Tenggara Barat). 16 (1), 1-16.

Azwar, S. (2017). Dasar-dasar Psikometrika (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basri, H. (2017a, September 8). BNN: Sulsel Urutan 9 Jumlah Pengguna Narkoba, Pelajar Jadi Sasaran Empuk. Retrieved from tribuntimur.com: https://makassar.tribunnews.com/2017/09/08/bnn-sulsel-urutan-9-jumlah- pengguna-narkoba-pelajar-jadi-sasaran-empuk.

Basri, H. (2017b, Februari 12). Pemakai Narkoba di Makassar Didominasi Kalangan Remaja, BNN Minta Segera Lapor Sebelum Ditangkap. Retrieved fromtribuntimur.com.https://makassar.tribunnews.com/2017/02/12/pemakai- narkoba-di-makassar-didominasi-kalangan-remaja-bnn-minta-segera-lapor- sebelum-ditangkap.

Baumrind, D. (1966). Effects Of Authoritative Parental Control On Child Behavior, Child Development, 37 (4), 887-907.

Kartono, K. (2014). Patologi Sosial 2: Kenakalan remaja. Jakarta: Rajawali Pers. Munriyanto & Suharnan. (2014). Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri dan Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia. 3 (2), 156–164.

Monks, F. J., Knoers, A.M.P., & Haditono, S. R. (2001). Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya (Cet ke 13). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Novasari, T., & Suwanda, I. M. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial (Studi Pada Siswa Kelas X Smkn 5 Surabaya). Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 3 (4), 1991-2005

Sarwono, S. W. (2013). Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soekanto, S. (2007). Sosiologi Suatu Pengantar. (Edisi Baru). Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Widyaningsih, W. (2019). Pengaruh Pola Asuh Otoritatif Terhadap Regulasi Emosi Dan Konformitas Kelompok Sebaya Dalam Aktivitas kelas. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 5 (10), 832-836.

Wulandari, N. W. (2017). Pengaruh Konformitas Dan Persepsi Polas Asuh OrangTua Terhadap Kenakalan Remaja Siswa Di SMP Negeri 1 Pakis Aji Kabupaten Jepara. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang, Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 256 times | PDF view : 438 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.