Pengaruh Metode Expressive Writing terhadap Pengungkapan Diri Mahasiswa Baru

Windah Wahdania(1*), Sitti Murdiana(2), Nur Afni Indahari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode expressive writing terhadap peningkatan pengungkapan diri mahasiswa baru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan randomized pretest-posttest control group design. Partisipan penelitian berjumlah 14 mahasiswa baru berjenis kelamin perempuan dengan usia 17-18 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok (eksperimen = 7, kontrol = 7). Kelompok eksperimen diberi perlakuan dalam empat sesi selama empat hari berturut-turut dengan durasi 20 menit setiap sesi. Teknik pengumpulan data menggunakan The Jourard Sixty-Items Self Disclosure Questionnaire yang memiliki nilai reliabilitas α = 0,952. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Mann-Whitney U Test dengan menganalisis gain score antara pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode expressive writing terhadap peningkatan pengungkapan diri mahasiswa baru. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil Z = -1,981, p = 0,048. Implikasi dari penelitian ini adalah metode expressive writing dapat dijadikan metode untuk meningkatkan pengungkapan diri pada mahasiswa baru.

 

Kata Kunci: expressive writing, mahasiswa baru, pengungkapan diri, perempuan


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, K. P. (2015). Hubungan antara self disclosure dengan intimasi pertemanan pada mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta angkatan tahun 2012. E-Journal Bimbingan dan Konseling, 1(5), 1-14.

Ayuni, Q., & Setiawati, D. (2017). Penerapan konseling kelompok dengan teknik expressive writing yang rendah untuk meningkatkan self esteem pada siswa kelas VII di SMP Negeri 34 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 7(1), 1-13.

Azwar, S. (2006). Penyusunan skala psikologi (edisi satu). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Devito, J. A. (2011). Komunikasi antarmanusia. Terjemahan oleh Agus Maulana M.S.M. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Fatimah, T. P. (2014). Studi deskriptif mengenai fungsi metode expressive writing terhadap kondisi personal adjusment mahasiswa baru. (Skripsi diterbitkan). Jatinangor: Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.

Gorelick, K. (2005). Poetry therapy. Dalam Malchiodi, C. A.(Ed.). Expressive Therapies (hal.117-140). New York: The Guilford Press.

Hamdiyah. (2019). Konseling kelompok melalui teknik expressive writing untuk meningkatkan self disclosure remaja. (Skripsi diterbitkan). Cilacap: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

Hastjarjo, T. D. (2011). Validitas eksperimen. Buletin Psikologi, 19(2), 70-80.

Imannawati, I. (2013). Pengaruh expressive writing terhadap self disclosure pada siswa kelas XI SMK YPKK 1 Sleman tahun 2012/2013. (Skripsi diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Johnson, D. W. (2009). Reaching out: Interpersonal effectiveness and self-actualization (10th edition). New Jersey: Pearson Education.

Jourard, S. M. (1971). The transparent self (revised edition). New York: Van Nostrand Reinhold.

Mulbar, U., Arwadi, F., & Assagaf, S. F. (2019). The Influences of Intrapersonal Intelligence and Interpersonal Intelligence towards Students’ Mathematics Learning Outcomes. In 1st International Conference on Advanced Multidisciplinary Research (ICAMR ….

Nugrahwati, R., & Dewi, K. S. (2014). Pengungkapan diri ditinjau dari dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa tahun pertama Universitas Diponegoro. Empati, 3(4), 536-546.

Pennebaker, J. W. (2010). Expressive writing in a clinical setting. Independent Practitioner, 23-25.

Pennebaker, J. W., & Chung, C. K. (2007). Expressive writing, emotional upheavals, and health. Dalam Friedman, H. S., & Silver, R. C. (Eds.). Foundations of Health Psychology (hal. 263-284). New York: Oxford University Press, Inc.

Sari, R. P., Andayani, T. R., & Achmad, M. M. (2006). Pengungkapan diri mahasiswa tahun pertama Universitas Diponegoro ditinjau dari jenis kelamin dan harga diri. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(2), 11-25.

Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B. N. (2011). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. (2004). Statistik nonparametris untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 227 times | PDF view : 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.