Pengembangan Modul Pembuatan Pola Busana Butik Berbasis Proyek Dalam Peningkatan Kreativitas Mahasiswa

Andi Nuralfiah(1*), Asiani Abu(2), Srikandi Srikandi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan (1) untuk mengetahui prosedur pengembangan modul pembuatan pola mata kuliah Busana Butik berbasis proyek dalam peningkatan kreativitas mahasiswa. (2) untuk mengetahui modul pembuatan pola mata kuliah Busana Butik berbasis proyek dalam peningkatan kreativitas mahasiswa masuk pada kriteria valid. (3) untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap modul pembuatan pola Busana Butik berbasis proyek dalam peningkatan kreativitas mahasiswa Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D) yang mengembangkan dan menghasilkan suatu produk dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah 15 orang mahasiswa angkatan 2017 Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, dan sedangkan Objek Penelitian adalah Produk pembelajaran berupa Modul Busana Butik Berbasis Proyek. Hasil penelitian berdasarkan tujuan penelitian (1) Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). (2) Bahan ajar berupa modul pembuatan pola Busana Butik Berbasis Proyek yang dikembangkan masuk pada kriteria “Valid”. Sesuai hasil uji kelayakan mahasiswa, hasil validasi pada ahli materi dan hasil validasi pada ahli desain dapat ditarik kesimpulan berdasarkan persentase skala likert sebanyak 88,12% bahwa modul dan materi sudah sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran sebagai sumber materi. (3) Respon yang mahasiswa berikan sangat baik terhadap modul yang peneliti kembangkan, dan secara keseluruhan penilaian 15 orang mahasiswa menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

 

Kata Kunci:) Penelitian dan Pengembangan, Modul, Busana Butik, Berbasis Proyek, ADDIE.


Full Text:

PDF

References


NAN. (2007). Bab 3 Metode R&D Sugoyiono Arikunto Nan. 運輸と経済, 67(6), 14–21.

Ii, B. A. B. (2012). Pengembangan Modul Matematika..., Rohmat Hidayat, FKIP UMP, 2014. 2010, 5–15.

Kejuruan, P. B. (2006). Implemetasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Bidang Kejurua. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/cp.v1i2.8515

Makmur, A. (2015). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Smp N 10 Padangsidimpuan. Jurnal Edu Tech, 1(1), 4–5.

MASKAPAI, A. H. P. K., MURAH, L. P. J. P. B., 1999, D. D. U.-U. N. 8 T., & KONSUMEN, T. P. (2013). No Title 补充材料. In Maskapai, Aspek Hukum Perlindungan Konsumen Murah, Lion Pada Jasa Penerbangan Bertarif 1999, Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun Konsumen, Tentang Perlindungan (Issue c).

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. 35,110,114,120,121.

Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U., Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. 6–32.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta, 334.

Usaha, A. K. D. (2000). BAB VII USAHA BUTIK BUSANA INOVASI A. Konsep Dasar Usaha.


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.