Menulis Ulang Cerita Melalui Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis iswa

Azizah Noerfaizah(1*), Baso Jabu(2), Amirullah Amirullah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menulis ulang cerita melalui gambar seri meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini melibatkan 26 siswa kelas XI IPA 3 tahun kedua SMAN 8 Makassar. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan desain yang digunakan adalah pre-experimental design. Data dikumpulkan melalui tes menulis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis meningkat secara signifikan setelah (skor rata-rata post-test: 74,50) dibandingkan sebelumnya (skor rata-rata Pre-test: 58,85) yang diajarkan dengan menggunakan gambar seri. Sejalan dengan hasil analisis data, perhitungan statistik juga menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Terkait dengan perilaku siswa, dalam penelitian ini siswa tampak lebih aktif dan termotivasi tinggi saat menerima materi. Hal ini menunjukkan bahwa gambar seri efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.

 

Kata Kunci: menulis ulang cerita, gambar seri, keterampilan menulis. 


Full Text:

PDF

References


Aniqotunnisa, Siti. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Interaktif Nahwu Berbasis Macromedia Flash 8 sebagai Sumber Belajar Mandiri di Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qoyim Putra Kelas VIII(Thesis). Yogyakarta: UIN Kalijaga Yogyakarta, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy 2nd edition. New York: Addison Wesley Longman. Byrne, Donn. 1997. Teaching Writing Skills. New York: Longman.Cahyono, Bambang Yudi and Shirly Rizky K. 2011. Practical Techniques for English Language Teaching. Malang: State University of Malang Press.Christine, L. K. 2017. The importance of education media in teaching. Buletin of social education, 20. 165- 169.Farris, KB, Kirking, DM. Assessing the quality of pharmaceutical care. I. One perspective of quality. Ann Pharmacother 1993; 27: 68–73.Harmer, Jeremy. 2004. How to Teach Writing. England. Oxford: PersonEducation Limited.Harmer, Jeremy (2007) The Practice of English Language Teaching. 4th ed. London: Longman.Harmer, Jeremy. 2007. The Practice of English Language Teaching. Essex: Pearson Education Limited. Jacobs., Holly. L., Stephen, A., Zingkgraf., Deanne. R., Wormuth, V., Faye, H., Jane, B., Hughey. (1981). Testing ESL Composition: A Practical Approach. Rowley: Newbury House Publishers, Inc.Kemendikbud. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan SMA. Jakarta: Direktorat pembinaan Sekolah Menengah Atas. Nunan, David. 2003. Practical English Language Teaching. New York: The McGraw Hill.Nation, I.S.P. 2009. Teaching ESL/EFL reading and writing. New York: Routledge.Pratiwi.2017. Improving Students’ Writing Skill Through Textless Comic. the state Islamic institute of Surakarta: referensi.Puput Septian. 2018. Improving students writing skill by using Foursquare writing technique (a collaborative classroom action research). Islamic university of Raden intan Lampung. Tarbiyah and teacher training center.Richards, Jack C and Renandya Willy A. 2002. Methodology in Language Teaching an Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.Rozimela, Y. 2004. The Value of Writing skills in the Senior High School in Indonesia. In B.Y. Cahyono, U.Siti Fahda Fadila. 2015. Improving Studets Writing Skill in Narrative Text Through Movies. Jakarta: Referensi. Smaldino,E. Sharon et al. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson.Spratt, M,. Pulverness, A., and Williams, M. 2005. The TKT Course. Cambridge: Cambridge University Press.Sri Wahyuni. 2015. Improving Students Writing Ability in Recount Text Using Personal Photograph. State Institute for Islamic Studies (STAIN) salatiga.Taylor E, Shelley, Dkk.2009. Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas, Jakarta: Kencana, 2009.Wright, Andrew. (1989). Pictures for Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press.Yunus, Noor Azlina. 1981. Preparing and using aids for English Language Teaching. Kuala Lumpur, Oxford University Pres


Article Metrics

Abstract view : 127 times | PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.