The Influence Of Accountability And Transparency In Realizing Good Public Services (At The Luwu District PDAM Office)

Della Sinta Irawan(1*), Hariany Idris(2), M. Ridwan Tikollah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRACT

This research aims to determine the influence of accountability and transparency in realizing good public services. The object of the research is the Regional Drinking Water Company, which is one of the regional business units that operates in the distribution of clean water to the public or known as (PDAM). The instrument in this research is a questionnaire where PDAM staff are the respondents in this research. The variables in this research are accountability and transparency as independent variables. As for the public service variable, it is a dependent variable. The results of this research show that accountability and transparency have a positive influence in realizing good public services at the Luwu Regency PDAM office.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas dan transparansi dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik.Objek penelitian adalah Perusahaan Daerah Air Minum merupakan salah satu unit usaha Daerah yang bergerak pada pendistribusian air bersih bagi publik atau dikenal dengan (PDAM). Instrument pada penelitian ini adalah kuisoner dimana staf PDAM merupakan responden dalam penelitian ini. Variabel dalam penelitian ini adalah akuntabilitas dan transparansi sebagai variabel independent. Adapun untuk variabel pelayanan publik merupakan variabel dependent. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas dan transparansi berpengaruh positif dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik pada kantor PDAM Kabupaten Luwu.

Full Text:

PDF

References


Bastian I. (2010). Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar Penerbit Erlangga.

Jatmiko, B. (2020). Pengaruh Pengawasan Internal, Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman (Survei Pada Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Sleman).

Dwiyanto, A. (2021). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia https://books.google.com/books/about/Reformasi_Birokrasi_Publik_di_Indonesia.html?hl=id&id=vTMXEAAAQBAJ#v=onepage&q&f=false.

Husain, Y.A. (2020). Evaluasi Audit Kinerja Terhadap Akuntabilitas Publik Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Takalar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Putra, H.G. (2014). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Partisipasi Publik Terhadap Kinerja Organisasi Layanan Publik Studi Empiris Pada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Pasamaan Barat. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Israyani, L. (2021). Pengaruh Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Bulukumba.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Karlina, A. (2018). Pengaruh Transparansi Terhadap Kualitas Pelayanan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Barru. Skripsi. Universitas Muhammdiyah Makassar.

Mardiasmo. (2021). Akuntansi Sektor Publik. Yokyakarta. Penerbit : ANDI(AnggotaIkapi).https://books.google.com/books/about/AKUNTANSI_SEKTOR_PUBLIK_Edisi_Terbaru.html?hl=id&id=pBVCEAAAQBAJ#v=onepage&q&f=false

Praisy E,Y.S , Sarah S., &Alfon, K. (2020). Akuntabilitas Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) (Studi Kasus: Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Manado. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Paskarina, C., & Hanapiah, P. (2007). Membangun Kepercayaan Dalam Good Governance.

Ramadana, M. F ., Mawati, A.T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M.Y., & Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik. yayasan kita menulis.https://books.google.com/books/about/Pelayanan_Publik.html?hl=id&id=2xABEAAAQBAJ#v=onepage&q&f=false

Purwanto, E. A., Tyastianti, D., Taufiq, A., & Novianto, W. (2016). Modul Pelayanan Publik. Lembaga Administrasi Negara, 53(9), 1–90.

Siregar, A. F. (2017). Akuntabilitas dan Transparansi Dalam Pelayanan Publik Studi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di kelurahanBelawan.IIKecamatan.Medan.https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=fandi+alfiansyah+siregar+2017&btnG=#d=gs_qabs&t=1678212461083&u=%23p%3Dp9YIaqH9GeoJ

Syamsul, &Zuhroh, S. (2021). Implementasi E-Government : Dampaknya Pada Transparansi. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 5(1), 1–10.

Sangkala. (2022). Responsivitas dan Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik.

Setinajaningrum, E. (7 Agustus 2009). Inovasi Pelayanan Publik.Surabaya. Penerbit : PT. Merdeka Aksara Globalindo.

Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 25 tahun 2004 Tentang Pedoman umum PenyelenggaraanPelayanan Publik

Hardiansyah, 2018. “Kualitas Pelayanan Publik - Konsep, Dimensi, Indikator, Dan.Implementasinya.”GavaMedia:250.http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/382.

Undang-Undang Dasar Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang Dasar Tahun 1945 tentang Pemerintah dituntut untuk bisa Menciptakan Masyarakat yang Adil, Sejahtra dan Makmur


Article Metrics

Abstract view : 41 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.