PENERAPAN MODEL GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI SMA KATOLIK CENDERAWASIH MAKASSAR

Faisal Faisal(1*),

(1) SMA Katolik Cendrawasih Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v7i2.56505

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kekatifan belajar siswa pada pembelajaran seni rupa dengan materi mengapresiasi karya seni rupa seniman Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran gallery walk. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus. Siklus I untuk tindakan dan siklus II untuk perbaikan. Tahapan penelitian ini meliputi 4 tahapan antara lain perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Siswa kelas XI SMA Katolik Cenderawasih kakassar yang berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan peningkatan keaktifan belajar siswa sebesar 40.74% dari 29.63% pada pra siklus menjadi 38.15% pada siklus I. Selanjutnya pada siklus II keaktifan belajar mengalami peningkatan  sebesar 22.22% dari 48.15% pada siklus I menjadi 70.37% pada siklus II. Pembelajaran dengan model gallery walk ini meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa aktif memberikan pertanyaan, mampu bekerjasama, menjawab pertanyaan dan berani melakukan presentasi.

Keywords


model; gallery; walk

Full Text:

PDF

References


Anggraini, P. D. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based LearningDalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 292. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9902/4332

Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan. (2005). Database Peraturan. https://peraturan.bpk.go.id/Details/49369/pp-no-19-tahun-2005

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Database Peraturan. https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Wibowo, N. (2016). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI. Electronics, Informatics, and Vocational Education, 1(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/elinvo/article/downloadSuppFile/10621/1765


Article Metrics

Abstract view : 43 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by