Analisis Kelayakan Penyajian Isi Buku Panduan Guru Seni Rupa SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka Tahun 2021
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v7i2.56165
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan penyajian isi Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka tahun 2021 , yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SMA/SMK Kelas X di tulis oleh Monika Irayati dan Saraswati Dewi, yang dimana buku ini memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Pengembangan dan penulisan buku ini disesuaikan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang merupakan sebuah metode penelitian dengan memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan sejara deskriptif, deskripstif yang dimaksud dalam hal ini adalah untuk memahami kondisi suatu konteks dengan mengarahkan pada pendeskripsian secara rinci dan mendalam mengenai potret kondisi dalam suatu konteks secara alami dan apa adanya. Dalam pengimplementasiannya Buku teks pembelajaran (Buku Panduan Guru) Seni Budaya Kelas X SMA/SMK yang diterbitkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan dengan indikator cakupan materi yang merangsang keingintahuan telah dikaji dalam buku ini dan masih perlu dikembangkan lagi isi dan kualitasnya. Namun secara umum, isi materi yang diberikan melalui penjelasan yang komunikatif dan afektif telah menunjukkan kesesuaian dengan profil pelajar pancasila pada mata pelajaran seni rupa dan pengenalan dalam capaian pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku teks Panduan Guru Seni Rupa untuk SMA/SMK Kelas X Kurikulum
Merdeka tahun 2021
Faiz, A. & I. Kurniawati. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu. 6(3), 3222-3229.
Pujileksono, S. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif cet. Ke-2. Malang: Kelompok Intrans Publishing.
Article Metrics
Abstract view : 65 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.
Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222
Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
NJAD indexed by