Ragam Proses Kreatif Seniman: Sebuah Tinjauan Gagasan Proses Kreatif

Muhammad Suyudi(1*), Andi Taslim Saputra(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v7i2.56164

Abstract


Satu-satunya hal yang terlihat  bagi apresiator  hanyalah seorang  seniman  yang mengaplikasikan  sesuatu pada objek karyanyabahan berwarna dan seorang gitaris yang menggores senarnya. Di sisi lain, jika  dicermati lebih dekat, Anda akan menemukan bahwa seorang pelukis atau musisi bisa menjadi seniman yang terampil jika memiliki kesadaran tertentu terhadap proses kreatif.  Dari hal tersebut maka dibutuhkan penjelajahan terhadap proses kreatif. Uraian ragam proses kreatif dilakukan dengan cara studi  pustaka yang terkait fenomena pengalaman estetik yang telah dituliskan oleh berbagai sumber.    Hasilnya memperlihatkan  Pelukis juga dapat menggali imajinasi kreatifnya berdasarkan gambar imajinasi dari mimpi  atau cerita yang pernah dia baca. Pengalaman  estetik  lainnya turut memberikan peluang estetik pada pengolahan ragam kreatif. Hal yang dimaksud adalah kondisi perkembangan  teknik  sekaligus muatan nilai dan rasa bagi senimannya sewaktu merespon karyanya.Satu-satunya hal yang terlihat  bagi apresiator  hanyalah seorang  seniman  yang mengaplikasikan  sesuatu pada objek karyanyabahan berwarna dan seorang gitaris yang menggores senarnya. Di sisi lain, jika  dicermati lebih dekat, Anda akan menemukan bahwa seorang pelukis atau musisi bisa menjadi seniman yang terampil jika memiliki kesadaran tertentu terhadap proses kreatif.  Dari hal tersebut maka dibutuhkan penjelajahan terhadap proses kreatif. Uraian ragam proses kreatif dilakukan dengan cara studi  pustaka yang terkait fenomena pengalaman estetik yang telah dituliskan oleh berbagai sumber.    Hasilnya memperlihatkan  Pelukis juga dapat menggali imajinasi kreatifnya berdasarkan gambar imajinasi dari mimpi  atau cerita yang pernah dia baca. Pengalaman  estetik  lainnya turut memberikan peluang estetik pada pengolahan ragam kreatif. Hal yang dimaksud adalah kondisi perkembangan  teknik  sekaligus muatan nilai dan rasa bagi senimannya sewaktu merespon karyanya.

Keywords


proses; kreatif; seniman

Full Text:

PDF

References


Hujatnikajennong, A. (2015) Kurasi dan Kuasa: Kekuratoran dalam Medan Seni Rupa Kontemporer di Indonesia.

Marjin Kiri. Nofan G. Lismarwan, H. Fuad Nashori. (2010). Proses Kreatif Pelukis Kaligrafi Islam: Sebuah Penelitian Kualitatif, Proyeksi. Jurnal Psikologi Proeksi. 5 (1), 1-16. Pidato Kebudayaan "Suara Jernih dari Cikini" Tahun 2020, Lumbung Budaya di Sepanjang Gang oleh Melanie Budianta, sebagai komparasi diskusi.https://www.youtube.com/w atch?v=tRsgKTdtOrc&t=1313sdan/ atau dapat pula diperoleh bacaan di https://dkj.or.id/wpcontent/u p l o a d s / 2 0 2 0 / 1 1 / p i d a t o -k e b u d a y a a n - dkj - l u m b u n g -b u d a y a - di - s e p a n j a n g -g a n g . p d f

Sanento. (2001). Perspektif Baru. Jakarta: Kalam Media.

Wahudi, A., Z, Hendri. (2022). Lukisan surealis seni Angguk: sebuah penelitian berbasis penciptaan seni. Sungging: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain, dan Pembelajarannya. 1(2): 159-174.


Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by