Analisis Perkembangan Desain Baju Bodo Hingga Tahun 2023 di Sulawesi Selatan

Faidhul Inayah(1*), Dwi Wahyuni Hamka(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v7i2.54308

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan yang terjadi pada baju Bodo hingga tahun 2023. Penelitian ini ingin melihat pada baju-baju Bodo yang sering digunakan oleh Masyarakat dan berkembang hingga saat ini. Focus penelitian adalah elemen-elemen apa saja yang dipertahankan untuk memperlihatkan ciri dari baju Bodo, juga ingin melihat elemen-elemen apa yang dikembangkan pada baju Bodo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Analisis digunakan dengan melihat literatur yang berhubungan dengan baju Bodo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen yang masih dipertahankan ialah bentuk baju Bodo yang longgar dan tanpa kerah. Sementara bentuk yang berkembang adalah penggunaan jenis, penambahan motif dan penambahan kerutan pada bagian lengan dan salah satu sisi bagian bawah, perubahan tidak sama pada baju Bodo yang satu dengan baju Bodo lainnya, akan tetapi disesuaikan dengan pengguna baju.


Keywords


Baju Bodo; elemen; perubahan

Full Text:

PDF

References


Alijumah, A. (2020). Baju Bodo Masa Kini yang Kental dengan Unsur Islam—Lontar.id. Lontara id. https://lontar.id/baju-bodo-masa-kini-yang-kental-dengan-unsur-islam/

Hariana. (2010). Tinjauan Pakaian Adat Sulawesi Selatan (Studi Komparatif Baju Bodo Suku Bugis-Makassar_Man. Buletin Sibermas, 4(4), 74–95.

Imanime Celebes (Direktur). (2022, Agustus 15). SEJARAH BAJU BODO. https://www.youtube.com/watch?v=sBmXFQ2o2QI

Mattalatta, A. (2003). Meniti Siri’ dan Harga Diri, catatan dan kenangan. Kasanah Manusia Nusantara.

Megasari, R., Putri, R. D., Rachmawati, D., & Mintari, S. U. (2019). Pengembangan Fashion Budaya Waragawear Dalam Peningkatan Produktivitas di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Praksis dan Desikasi Sosial, 2(2), 68–74.

Octoria, D. (2022, Agustus 23). Baju Bodo Sulawesi Selatan, Pakaian Adat Tertua di Dunia. Mengenal Indonesia. https://mengenalindonesia.com/baju-bodo-sulawesi-selatan/

Sari, E. P., Sri, D., & Syahril, Y. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Museum Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pakaian Adat Tradisional Bengkulu Di SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(2), 126–132.

Tandean, J. (2021). Pemahaman Tentang Pembagian Aturan Warna Pada Baju Tradisional Suku Bugis. Folio, 2(1), Article 1.


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by