OLAH DATA RISET: DASAR KUNCI KEKUATAN DAN KEBERHASILAN FILM DOKUMENTER

Danissa Dyah Oktaviani(1*), Agus Fatuh Widoyo(2), Timbul Subagya(3),

(1) Program Studi Desain Mode Batik Jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta
(2) Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Institut Islam Mambaul Ulum Surakarta
(3) Jurusan Karawitan Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v7i2.47308

Abstract


Film dokumenter memiliki kekuatan untuk mengubah pola pikir penontonnya. Kekuatan tersebut diperoleh dari sudut pandang yang dihadirkan dalam film tersebut. Sudut pandang dibangun dari fakta-fakta yang disusun secara terstruktur kemudian menghasilkan sebuah pemikiran yang baru. Semakin banyak fakta yang diperoleh maka film documenter akan semakin menarik karena di dalamnya memuat kekayaan data yang dapat diolah yang bersumber pada kedalaman riset. Melalui riset mendalam, memilah data sesuai kotak-kotak di setiap bagian, dan menyusunnya secara terstruktur agar mudah dipahami. Proses riset yang sistematis dan terstruktur dapat dilakukan ketika pembuat film benar-benar paham apa yang akan ditulis dan kebutuhan seperti apa yang diperlukan bersumber pada ide yang dimiliki sebelumnya. Riset yang baik akan memperhatikan unsur-unsur visual yang memuat apa saja konten yang akan dimasukkan dan bagaimana cara pengambilan audio visualnya. Riset dalam film dokumenter akan mempengaruhi nilai sebuah film. Semakin mendalam sebuah riset maka film yang dihasilkan akan semakin bermakna. Batasan dalam melakukan riset juga perlu dilakukan guna memastikan luaran film selalu terjaga arah tujuannya. Batasan itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembuat film

Keywords


Riset, Fakta, Film Dokumenter

Full Text:

PDF

References


Abdul Arif Al Kamili, 2017 Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Sebagai Gagasan Berkarya Kaligrafi Arab. Bandung: UPI

Andi Fachruddin.2012. Dasar-Dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Arly Yanatri Zainsty. Film Dokumenter sebagai Aktualisasi Diri dari Kelompok Masyarakat Kampung Bojong Nangka – Bekasi. DOI: Jurnal Senin Nasional Cikini, Volume 07 No. 01, Juni 2021 41-50

Citra dewi utami. 2010. Film Dokumenter Sebagai Media Pelestari Tradisi. Acintya: Jurnal Penelitian Seni Budaya Vol 2 No 1 Juni 2010 Hal 7-13

Fred Wibowo. 1997. Dasar-dasar Produksi Program Televisi, Jakarta: Grasindo.

Gerzon R. Ayawaila. 2008. Dokumenter: dari Ide sampai Produksi. Jakarta: FFTV-IKJ Press

Huda Perkasa dan Sayatman. 2015. Perancangan Film Dokumenter – Kawasan Purbakala Gunung Penanggungan. Jurnal Sains Dan Seni ITS Vol. 5, No.2, (2015) Hal 355-361

Hernowo. 2003. Quantum Writing: Cara Cepat Nan Bermafaat Untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Bandung: Penerbit MLC

Heru Effendy. 2002. Mari Membuat Film, Yogyakarta: Panduan,

John Grierson, 1966. The First Principles of Documentary, in Forsythe Hardy, ed., Griersonon Documentary. London:Faber & Faber.

Kusen Dony Hermansyah, Institut Kesenian Jakarta, Edisi 10 No. 2 Juli 2018 Kesalahan Pemikiran tentang Riset dalam Pembuatan Film Dokumenter

Marselli Sumarno. 1996. Dasar-dasar Apresiasi Film, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia,

McQuails, Denis. 1991. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga. Nichols, Bill. 2011. Introduction to Documentary, Bloomington: Indiana University Press

Rabiger, Michael. 2004. Directing the Documentary. Fourth Edition. USA: Focal Press

Raymond Spottiswoode, 1959. A Grammarof the Film (Berkeley: Universityof California Press


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by