Kemampuan Penggambaran Ornamen Geometris pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Fadil Abdi(1*), Hasnawati Hasnawati(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v7i1.46813

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa kelas A angkatan 2020 dalam menggambar ornamen geometris secara manual di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluative yang bertaraf deskriptif Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020 Program Studi Pendidikan Seni Rupa yang terdiri dari kelas A dan B berjumlah 56 mahasiswa dengan sampel kelas A sejumlah 30 mahasiswa yang di pilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif lewat tabel persentase serta ditentukan nilai rata-rata menggunakan rumus sederhana dengan kriteria penilaian gambar ornamen meliputi ide, kreativitas, estetik, dan teknik lalu kemudian dianalisis dengan cara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa kelas A angkatan 2020 dalam menggambar ornamen geometris secara manual berdasarkan aspek ide dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 83,90 dengan nilai huruf B+, pada aspek kreativitas dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 84,56 dengan nilai huruf B+, pada aspek estetik dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 83,25 dengan nilai huruf B+, dan pada aspek teknik dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 83,09 dengan nilai huruf B+. Berdasarkan keseluruhan aspek, kemampuan mahasiswa angkatan 2020 kelas A dalam menggambar ornamen geometris secara manual di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 83,67 dengan nilai huruf B+.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the ability of class A students class of 2020 to draw geometric ornaments manually in the Fine Arts Education Study Program, Faculty of Art and Design, Makassar State University. This type of research is evaluative research with a quantitative descriptive level. The population of this study were students of the 2020 class of the Fine Arts Education Study Program, class A and B in totaling 56 students. The sample in this research was class A 2020, which consisted of 30 students who were selected using a purposive sampling technique. Data collection techniques using observation and documentation techniques. The data analysis technique used is to determine values through tables containing criteria for ornamental images which include ideas, creativity, aesthetics, and techniques and then analyzed in a quantitative descriptive way through percentage tables and determined the average value using a simple formula. The results of the study show that the ability of class A students class of 2020 to draw geometric ornaments manually based on the idea aspect is categorized as very good with an average score of 83.90 with a B+ grade, in the creativity aspect it is categorized very well with an average score of 84.56 with a B+ grade, in the aesthetic aspect it is categorized as very good with an average score of 83.25 with a B+ grade, and in the technical aspect it is categorized very well with an average score of 83.09 with a B+ grade. From the results of the study based on all aspects, it can be concluded that the ability of class A class 2020 students in drawing geometric ornaments manually in the Fine Arts Education Study Program, Faculty of Art and Design, Makassar State University is categorized as very good with an average score of 83.67 with a letter grade B+.

Keywords


Gambar Ornamen; Ornamen Geometris

Full Text:

PDF

References


Dewinta, Noniya. 2022. Pengertian Kemampuan Menurut Ahli, Konsep dan Contoh Manifestasi dari Kemampuan (Online). Diakses pada tanggal 13 Agustus. Pukul 21.26 WITA

Fauzi, Eko R. 2019. Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda (Online). Diakses pada tanggal 30 Juni. Pukul 17.16 WITA.

Hasnawati & Nurdin, A.E. 2021. Gambar Ornamen (Online). Diakses pada tanggal 27 Juli. Pukul 22.58 WITA.

Kurniasih, Wida. 2021. Ide Pokok: Pengertian, Ciri-ciri, Fungsi dan Cara Menemukannya. Diakses pada tanggal 15 Agustus. Pukul 16.18 WITA.

Purnomo, Eko, dkk. 2017. Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII. Klaten: Intan Pariwara.

Relisa, Dkk. 2019. Kreativitas Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Salam, Sofyan, dkk. 2020. Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Setiawan, Ebta, 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (Online). Diakses pada tanggal 20 Juni. Pukul 11:44 WITA.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trilestari, Irna, Dkk. 2017. Pengembangan Kreativitas dan Apresiasi Karya Budaya: Evaluasi Program Belajar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahid, Kahar & Yunus, P.P. 2014. Apresiasi Seni. Makassar: Prince Publishing.

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Website: https://moondoggiesmusic.com/wp content/uploads/2019/01/Ragam-hias figuratif-768x507.jpg Diakses tanggal 27 Juli. Pukul 17.16 WITA.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by