Cetak Saring bagi Remaja di Masjid Haji Fahri Kabupaten Gowa

Muhammad Muhaemin(1*), M. Muhlis Lugis(2), Aswar Aswar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v5i2.23771

Abstract


Permasalahan yang ada di Masjid Haji Fahri adalah kurang aktifnya peran remaja dalam pengelolaan Masjid Haji Fahri. Adapun hal tersebut terjadi karena tidak dibentuknya remaja Masjid Haji Fahri Parangbanoa dan kurang optimalnya peran masjid untuk mengaktifkan remaja di sekitar perumahan Green Cakra Hidayat Parangbanoa. Permasalahan tersebut dapat diminimalkan dengan mengarahkan kemampuan remaja untuk meningkatkan minat usaha. Hasil yang dicapai adalah: (1) Peserta memahami pengetahuan dan keterampilan baru yang selama ini belum pernah ditemukanya pada pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan pada Masjid Haji Fahri Parangbanoa tentang cetak saring yang dimulai dari pengetahuan alat dan bahan, cara pembuatan desain, cara mengafdruk hingga tekinik-teknik dalam mencetak karya sablon, (2) Peserta mampu mempraktekkan secara langsung menyablon pada media kaos berdasarkan desain yang telah disiapkan, hasil sablonan dari seluruh peserta sudah tergolong bagus karena mereka berhasil melakukan proses afdruk dan cetakan yang sudah sesuai dengan desain yang mereka pilih, (3) Adanya materi pelatihan yang cukup memadai dalam memberikan pengetahuan tentang sablon yang terdiri dari pengetahuan dasar tentang sablon terkait pengertian, sejaran dan prinsipnya, cara membuat desai/gambar untuk sablon, cara mengafdruk, dan cara mencetak pada media tertentu. Materi pelatihan iniĀ  dapat dijadikan acuan untuk digunakan pada pelatihan sablon yang serupa atau terkait, (4) Peserta mengetahui startegi dalam memulai bisnis sablon sehingga dapat memotivasi untuk dapat bekerja pada bidang percetakan atau membuka lapangan kerja secara mandiri dalam bisnis sablon.


Keywords


Screen printing; Youth Mosque Volunteer; Art Print

Full Text:

PDF

References


Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2021. (online)

Gazalba, Sidi. (1994). Mesjid: Pusat Ibadat dan Kebudayaan Islam. Jakarta: Pustaka al-Husna

Suherman, Eman. (2012). Managemen Masjid: Kiat Sukses Meningkatkan Kualitas SDM Melalui Optimalisasi Kegiatan Umat berbasis Pendidikan Berkualitas Unggul. Bandung: Alfabeta

Supatmo. (2015). Screen Printing Dalam Industri Grafika Pada Era Digital. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Pudiastuti, Wiwik & Irawati. (2013). Cetak Saring untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kriya Tekstil Kelas XI Semester I. Jakarta: Kemendikbud.


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by