Pelatihan Menggambar untuk Anak Usia SD Demi Meningkatkan Kreativitas Melalui Bahasa Visual

Ratih Candra(1*),

(1) Universitas Trisakti
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v5i2.23453

Abstract


Kegiatan atau program pelatihan merupakan bagian dari pengembangan pendidikan di Perguruan Tinggi, demi meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat pada umumnya. Pelatihan menggambar bagi anak usia SD salah satunya adalah untuk mengembangkan kreativitas, gagasan/ide dan melatih imajinasi, khususnya di bidang seni melalui bahasa visual, seperti pengetahuan akan warna, bentuk, garis dan penyusunan komposisi dengan praktek langsung. Di sini peran instruktur atau pelatih dibutuhkan untuk membimbing dan mengevaluasi hasil gambar anak-anak tersebut. Metode pertama yang dilakukan adalah observasi dan identifikasi terhadap usia para peserta (4 – 10 tahun), kemudian penjelasan sekilas tentang pemilihan tema gambar dan penggunaan media crayon di atas kertas ukuran A3, dilanjutkan dengan praktika, bimbingan dan pengarahan cara menggambar yang baik dan benar. Sebagai dasar dari pelatihan ini, digunakan beberapa teori psikologi anak untuk memberikan wawasan dan referensi terkait dengan lintas keilmuan yang bermanfaat, untuk pelatihan berikutnya.

 


Keywords


drawing; training; creativity; imagination

Full Text:

PDF

References


Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak- Jilid 2, Penerbit Erlangga, 1978, Jakarta.

Jamaris, Martini, Dr, M.Sc. Ed. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak : Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru, PT.Gramedia widiasarana Indonesia, 2006, Jakarta.

Dargatz, Jan, 52 Cara Membangun Harga Diri dan Percaya Diri Anak, Pustaka Tangga, 1999, Jakarta.

Wahyudin, Uyu dan Mubiar Agustin. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini, PT Refika Aditama, 2012, Bandung.

Borgdorff, Henk. The Conflict of The Faculties, Perspective on Artistic Research and Academia,2012, Leiden University Press.

Arifin & Barnawi. Etika dan Profesi Kependidikan, Ar-ruzz. Media, 2012, Yogyakarta.

Ady R. Taher. (8-11 Juni 2015). Azas-azas pelaksanaan Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat. Penataran Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Trisakti, Jakarta.

Adi Hidayat. (8-11 Juni 2015). Penulisan Laporan Pengabdian Kepada Msyarakat. Penataran Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Trisakti, Jakarta.

Ayu, Irene. Pelatihan dan Pengembangan SDM : Pengertian, Manfaat, Metode ( irreneayu.wordpress.com), 2015.

Laksmi, Utami. Analisis Situasi Masyarakat in Penataran Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2015, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 186 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by