Implementasi Blended Learning dalam Pendidikan Seni di Era New Normal

Muhajir Muhajir(1*), Damar Tri Afrianto(2),

(1) Politeknik Negeri Media Kreatif PSDKU Makassar
(2) Institut Seni dan Budaya Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v4i2.17054

Abstract


Penelitian ini didasarkan sebuah permaslahan bahwa metode Blended Learning bukan menjadi solusi utama pembelajaran pendidikan seni di tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Permasalahannya diantaranya yaitu kesenjangan yang menjadi isu sentral dalam pembelajaran via daring ini. Masih banyak daerah-daerah yang belum mendapat akses internet dan ketersedian perangkat teknologi (komputer dan gawai) sebagai modal utama pembelajaran daring. Di sisi lain, metode blended leraning tidak bisa sepenuhnya diterapkan secara total dalam pendidikan seni. Dari permasalahan tersebut perlu kiranya perlu merumuskan ulang metode pembelajaran seni di era tatanan baru ini, pembelajaran seni tak cukup hanya mengandalkan sistem daring, karena olah rasa, olah teknis dan estetika sebagai perangkat utama pendidikan seni, membutuhkan proses pendampingan yang intens. Masalah utama yang menjadi fokus pembahasan adalah bagaimana metode penunjang Blended Learning agar dapat dimplementasikan dalam pendidikan seni. Metode penelitian ini adalah penggabungan penelitian Research and Development (R & D) dengan interpretatif analitik. Penelitian R&D adalah jenis yang berangkat dari kasus kemudian manawarkan solusi untuk pengembangan. Hasil penelitian ini merumuskan sistem Blended Learning dalam pembelajaran seni perlu ditunjang setidak-tidaknya dengan metode kolaborasi dengan stakeholder. Stakeholder inilah yang memiliki peran penting dalam asupan keilmuan teknis melalui pengalaman mereka di dunia kesenimanan. Guru dan dosen pengampu utama akan berkoordinasi dengan stakeholder tentang bagaimana proses berkarya peserta didiknya, sehingga kolaborasi ini mampu memberi warna pendidikan seni semakin variatif dan humanitif.


Keywords


Blended Learning; Pendidikan Seni; Metode Kolabarosi Stakeholder

Full Text:

PDF

References


Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face, E-Learning Offline-Online, Dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi.Jakarta:UniversitasIndonesia, UI Press.

Nikmawati, Ika Syukrun. 2014. “Korelasi Gaya Belajar Siswa Kelas VII dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Durenan Trenggalek” . Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung

Purnomo, Agus. Nurul Ratnawati. Nevy Farista Aristin. 2016. “Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z”. Jurnal Teori dan Praksis Pembejaran IPS. Vol.1 (1). 70-77

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metode Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Rohidi, Tjetjep Rohendi. (2012) Metode Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Rusdi, Muhammad . 2018. “Bahan Presentasi Workshop Pengembangan Media & Sumber Belajar Berbasis R & D” FKIP Universitas Riau: Pekanbaru,

Sari, Anita Ratna. 2013. “Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Di Era Digital”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. XI, No. 2 (hlm. 32- 43).

Sari, Milya. 2016. “Blended Learning, Model Pembelajaran Abad Ke-21 Di Perguruan Tinggi.Ta'dib”. Jurnal Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru, Universitas Batusangkar, Vol. 17(2), 126-136.

Wardani, Deklara Nanindya. Anselmus J.E. Toenlioe Agus Wedi. 2018. “Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning”. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol.1 (1). 13-18.

Yovita Arika.2020. “Semangat Gegas Reformasi Pendidikan”. Dalam Harian Kompas 28 juni 2020. Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 819 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by