Dampak Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Pendidikan Terhadap Masyarakat

Irene Dian Patiung(1*), Sukri Nyompa(2), Erman Syarif(3), Sulaiman Zhiddiq(4), Maddatuang Maddatuang(5),

(1) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(4) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(5) Jurusan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/lageografia.v22i2.52099

Abstract


This study aims to investigate the impact of the implementation of the education zoning system policy on the community in Buntao' sub-district, North Toraja district. The research focus includes 1) The impact of the implementation of the education zoning system on the community, 2) Community efforts in enrolling in schools, and 3) Government measures to overcome the impact of the implementation of the education zoning system. The research method used is descriptive qualitative. The results show that the implementation of the zoning system has positive and negative impacts. Positive impacts include the effectiveness of online registration but it also creates difficulties for students to be admitted to the school of their choice, resulting in a sense of injustice. In addition, the lack of community knowledge about the zoning system led to cheating. Community efforts include population transfer and enrollment through the merit route. The government took measures to address the negative impacts, such as the division of school zones and increased socialization and publication of the zoning mechanism. Other measures included supervision in the data verification process. This research contributes to the understanding of education policy implementation and provides recommendations to improve the effectiveness of the zoning system in the future.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak implementasi kebijakan sistem zonasi pendidikan terhadap masyarakat di Kecamatan Buntao', Kabupaten Toraja Utara. Fokus penelitian mencakup: 1) Dampak penerapan sistem zonasi pendidikan terhadap masyarakat, 2) Upaya masyarakat dalam mendaftar pada sekolah, dan 3) Langkah pemerintah dalam mengatasi dampak implementasi sistem zonasi pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem zonasi memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif meliputi efektivitas pendaftaran online namun juga menimbulkan kesulitan bagi siswa untuk diterima di sekolah pilihan mereka, menghasilkan rasa ketidakadilan. Selain itu, minimnya pengetahuan masyarakat tentang sistem zonasi menyebabkan kecurangan. Upaya masyarakat meliputi perpindahan kependudukan dan pendaftaran melalui jalur prestasi. Pemerintah melakukan langkah-langkah untuk mengatasi dampak negatif, seperti pembagian zona sekolah dan peningkatan sosialisasi serta publikasi mekanisme zonasi. Langkah lain termasuk pengawasan dalam proses verifikasi data. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman terhadap implementasi kebijakan pendidikan dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas sistem zonasi di masa depan.


Keywords


zoning; impact; efforts; community; students

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=j5EmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=BUKU+evaluasi+pendidikan&ots=6uvQFkvLVL&sig=cJB-qSmPKi-1BUY8hH4XKUngexs

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi sekolah sebagai suatu upaya penjaminan mutu pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Cahyaningrum, D., & Nugraheni, N. (2024). Upaya Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mencapai Sustainable Development Goals SDGs. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 224–231.

Datuk, A. (2020). Sistem Zonasi Sebagai Solusi Bagi Orang Tua untuk Mendapatkan Pendidikan Anak yang Bermutu di Kota Kupang. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 20–33.

Fadil, K., Amran, A., & Alfaien, N. I. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2).

Fauzi, A., & Muin, A. (2023). Pelaksanaan Kebijakan Otonomi Daerah dalam Bidang Pendidikan. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1), 19–27.

Kaffa, Z., Budi, S. S., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan Penerapan Sistem Zonasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1870–1879.

Nooraeni, R., Safiruddin, A. B., Afifah, A. F., Agung, K. D., & Rosyad, N. N. (2020). Analisis Sentimen Publik Terhadap Sistem Zonasi Sekolah Menggunakan Data Twitter Dengan Metode Naïve Bayes Classification. Faktor Exacta, 12(4), 315–322.

Pangaribuan, E. N., & Hariyati, N. (2019). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang SMP di Kabupaten Gresik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–12.

Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan profesi guru (PPG): Strategi pengembangan profesionalitas guru dan peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Makalah Prosiding Seminar Nasional, 9(1), 671–683.

Ramadhan, G. (2023). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Terhadap Mutu Sekolah Dan Kualitas Pendidikan di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Ilmu Pemerintahan.

Setiawan, F., Rifkisyahputra, R., & Hilay, A. (2021). Analisis Sisttem Zonasi terhadap Peserta Didik. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 679–690.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Supraptiyaningrum, S., & Muzayanah, M. (2020). Penerapan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 51 tahun 2018 tentang sistem zonasi penerimaan peserta didik baru di sma n 3 semarang. Dinamika Hukum, 21(1), 20–28.

Tubu, B., Malik, A., & Syarif, E. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Formal Kaitannya dengan Jumlah Anak-anak Putus Sekolah. LaGeografia, 19(3).

Tunggawijaya, W., Liestyasari, S. I., & Budiati, A. C. (2024). McDonaldisasi Sistem Zonasi: Studi Fenomenologi Implementasi PPDB SMP di Kabupaten Karanganyar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 10(1), 23–36.

Winarto, H., Hamzah, S., & Ifani, N. N. (2022). Evaluation of the Online New Student Admission Program (PPDB) Islamic Education Institutions at Bengkulu City (Case Study of PPDB at MTs Negeri 1 Bengkulu City in 2022). At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2 Desember), 230–245.

Zulham, S. W. (2022). Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi dalam Rekrutmen Peserta Didik Baru Tingkat sekolah Dasar di Dinas Pendidikan Gayo Lues. UIN Ar-Raniry.


Article Metrics

Abstract view : 35 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Irene Dian Patiung, Sukri Nyompa, Erman Syarif, Sulaiman Zhiddiq, Maddatuang Maddatuang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

LaGeografia: Jurnal Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar.

Email: [email protected] | +6285298749260

 

Editorial Office

Flag Counter