PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL IBU RUMAH TANGGA DI DESA MAJANNANG KECAMATAN PARIGI KABUPATEN GOWA

saifuddin .(1*), Nurasmawati .(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi sosial ibu rumah tangga dalam penggunaan handphone dan untuk mengetahu dampak dari pengaruh penggunaan handphone terhadap interaksi sosial ibu rumah tangga. Untuk mencapai tujuan itu maka ditempu metode penelitian kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dan diinterpretasi berdasarkan teori dan hasil penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan handphone terhadap interaksi sosial ibu rumah tangga terdapat dampak positif dan negatif dalam penggunaan handphone pada ibu rumah tangga. Dampak positif penggunaan handphone terhadap interaksi sosial ibu rumah tangga adalah: memudahkan para ibu rumah tangga untuk menjalin komunikasi dengan kerabat yang jauh, memudahkan para ibu rumah tangga untuk memperoleh informasi secara cepat dan dapat membantu perekonomian keluarga. Adapun dampak negatif dari penggunnaan handphone terhadap interaksi sosial ibu rumah tangga di antaranya adalah: Ibu rumah tangga lupa akan waktu dan pekerjaan rumah, menyebabkan waktu interaksi langsung berkurang, ibu rumah tangga kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Serta kuliatas interaksi langsung berkurang.

 

Kata Kunci: Handphone, Interaksi sosial, Media sosial


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadin. (2013). Metode Penelitian Sosial. Makassar: Rayhan Intermedia.

Bungin, B. (2017). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Fakih, M. (2013). Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Halik, A. (2017). Pragmatisme Komunikasi Masyarakat Pedesaan (Rekonstruksi Ruang Sosial Penggunaan Telepon Seluler Di Pedesaan). Jurnal Dakwah Tabligh, 18(1), 46–55.

Jermias, E. O., Rahman, A., & Awal, M. N. (2022). Penggunaan Instagram Oleh Remaja di Sekitar Wilayah Jalan Cenderawasih Kota Makassar. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(2), 65–72.

Koentjaraningrat. (1991). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Kogoya, D. (2015). Dampak Penggunaan Handphone Pada Masyarakat: Studi Pada Masyarakat Desa Piungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua. Acta Diurna Komunikasi, 4(4).

Komara, E. (2014). Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Mahyuddin. (2019). Sosiologi Komunikasi:(Dinamika Relasi Sosial di dalam Era Virtualitas). Penerbit Shofia.

Nugroho, A. C. (2021). Teori Utama Sosiologi Komunikasi (Fungsionalisme Struktural, Teori Konflik, Interaksi Simbolik). Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(2).

Rahman, A. (2022). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sambas, S. (2016). Antropologi Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Winarno, B. (2014). Dinamika Isu-Isu Global Kontemporer. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.


Article Metrics

Abstract view : 61 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.